Pemkot Tomohon Optimistis Derajat Kesehatan Lansia Meningkat

Pewarta : id pemkot tomohon

Wali Kota Tomohon Syerly A Sompotan (1)

Tomohon, (AntaraSulut) - Pemerintah Kota Tomohon, Sulawesi Utara optimistis derajat kesehatan masyarakat lanjut usia (lansia) terus meningkat melalui berbagai kegiatan yang diprogramkan.

"Pemerintah berkewajiban menjamin ketersediaan fasilitas pelayanan kesehatan dan memfasilitasi pengembangan kreativitas kelompok lansia," kata Wakil Wali Kota Syerly A Sompotan di Tomohon, Kamis.

Peningkatan derajat kesehatan lansia, lanjut dia, perlu dibarengi dengan pengembangan kreativitas lansia yang sehat, mandiri, aktif, produktif serta berdayaguna bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat.

Sementara untuk mewujudkan lansia yang memenuhi kriteria sehat fisik, jiwa, sosial dan spiritual dibutuhkan aktivitas fisik seperti kegiatan gerak dan lagu untuk menjaga stamina, kebugaran, daya ingat, katanya.

"Tak kalah pentingnya adalah bagaimana memperhatikan gizi seimbang dengan mengkonsumsi pangan beraneka ragam serta memperhatikan perilaku hidup bersih dan sehat," ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Daerah Kota Tomohon dr. Deesje Liuw MBioMed pada kegiatan pelayanan, pemeliharaan kesehatan serta lomba kreativitas lansia mengatakan, kegiatan seperti ini diharapkan mampu mewujudkan tercapainya derajat kesehatan yang optimal.

Selain itu, teridentifikasinya status gizi pada lansia agar mampu beraktivitas secara mandiri, menjaga dan meningkatkan kesehatan serta kebugaran baik secara fisik maupun psikis.

Kegiatan itu juga melombakan kreativitas lansia yang berturut-turut dimenangkan oleh utusan Puskesmas Rurukan, Puskesmas Pangolombian dan Puskesmas Matani.***4***



(T.K011/B/G004/G004) 09-11-2017 23:03:49
Editor: Guido Merung
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar