Beranda - Pemkab Talaud Topang Program Masyarakat Sehat

Pewarta : id Beranda - Pemkab Talaud Topang Program Masyarakat Sehat

Foto bersama usai upacara memperingati HKN. (1)

     Talaud, 13/11 (Antara) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) berkomitmen menopang program masyarakat sehat, kata Asisten III Setkab Talaud Alex Sahadula.
     "Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 ini menjadi momen bagi kami untuk terus memperbaiki sistem pelayanan di daerah, sekaligus mendukung program percepatan penanganan kesehatan kepada masyarakat," ungkap Alex dalam apel memperingati HKN di halaman kantor Dinas Kesehatan, Senin.
     Ia menjelaskan HKN ke-53 diharapkan dapat mewujudkan semua program kesehatan di Indonesia, melalui pendekatan keluarga menjadi awal pendorong masyarakat mandiri untuk hidup sehat.
     "Keluarga adalah tempat pertama bagi anak-anak untuk dididik, di keluarga dapat menjamin kehidupan emosional anak untuk tumbuh dan berkembang, salah satunya kemandirian dalam menjaga kesehatan," katanya.
     Kemudian, lanjut Alex, program masyarakat sehat menjadi salah satu prioritas utama pemerintah daerah untuk diselesaikan dan terus diperbaiki, sehingga memberikan kenyamanan bagi rakyat.
     "Jika warga sudah merasa nyaman ketika dilayani, maka program itu sudah boleh dikatakan berhasil, bahkan harus jalan sama-sama dengan ketersediaan tenaga medis di rumah sakit, pusat kesehatan masyarakat dan fasilitas kesehatan lainnya," ungkapnya.
     "Kerinduan kami yakni menyediakan fasilitas kesehatan yang memadai kepada masyarakat, karena Talaud sangat jauh dari ibu kota provinsi, belum lagi akses harus melalui jalur laut. Yang pasti, rumah sakit, Puskesmas dan fasilitas kesehatan lainnya sudah ada, tinggal bagaimana meningkatkannya," katanya.
     Apel memperingati HKN turut dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Talaud dr Keri Monangin, Kepala BPJS Kesehatan Talaud Fitriani Idrus, Direktur RSUD Mala dr Susanti Essing dan seluruh kepala Puskesmas. Pada kesempatan tersebut turut diserahkan sejumlah penghargaan, diantaranya penyerahan akreditasi kepada Puskesmas Melonguane dan Puskesmas Pulutan sebagai pengakuan pelayanan kesehatan terbaik yang diserahkan oleh Asisten III Alex Sahadula. ***4***
Editor: Guido Merung
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar