Jumat, 18 Agustus 2017

Disbudpar Minahasa Support Festival Gebyar Ketupat Jaton

id Festival Gebyar Ketupat Jawa Tondano, Disbudpar Minahasa, Agustivo Tumundo
Disbudpar Minahasa Support Festival Gebyar Ketupat Jaton
Tim ketika foto bersama usai melaksanakan pertemuan pengurus KKIJ dan panitia bersama Kadisbudpar Agustivo Tumundo.(1)
Kami akan mensupport kegiatan ini sebagai bagian dari program mensukseskan Pesona Minahasa 2017 yang sementara bergulir
Tondano (AntaraSulut) - Pemerintah Kabupaten Minahasa melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata mendukung pelaksanaan Festival Gebyar Ketupat Jawa Tondano (Jaton) yang akan digelar dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah dan Hari Raya Ketupat pada tanggal 29 Juni s/d 1 Juli 2017 mendatang di Kampung Jaton.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa Agustivo Tumundo menyampaikan, kemarin tim dari Pengurus Kerukunan Keluarga Jaton Indonesia (KKIJ) dan Panitia Tradisi Religi Jaton melakukan pertemuan dengan pihaknya. Sekaligus membahas rencana kegiatan nantinya.

Pada pertemuan tersebut dihadiri pengurus KKIJ dan panitia dipimpin Ketua Kordasus Hi Sukirman Haji Djafar didampingi Bendahara KKIJ Ismail Alo Thayeb, Wakil Ketua Panitia Alfian Kiay Demak, Sekretaris Panitia Kamaria Karinda, Bendahara Panitia Hj Laila Asimin dan Ratna Masloman.

Didampingi Plh Sekdis Jimi Pinangkaan, Kabid Kesenian Letty Purukan, Kabid Kebudayaan Mellisa Rondonuwu dan Kabid Pariwisata Diane Najoan, Plt Kadis Agustivo Tumundo menyambut para tokoh masyarakat Kampung Jaton di Minahasa ini dan langsung mengalokasikan anggaran untuk menopang kegiatan Gebyar Ketupat Jaton dalam rangkaian acara pagelaran tradisi dan religi 2017 yang pelaksanaannya pada akhir Juni nanti.

"Kami akan mensupport kegiatan ini sebagai bagian dari program mensukseskan Pesona Minahasa 2017 yang sementara bergulir,” ungkap Tumundo.

Sementara itu, dikatakan Ketua Kordasus KKJI Hj Sukirman Haji Djafar, terima kasih atas dukungan pihak Pemkab Minahasa melalui Disbudpar sekaligus memberikan apresiasi atas alokasi anggaran untuk mensupport kegiatan ini sebagai bagian dari program mensukseskan Pesona Minahasa 2017.

Ditambahkan Sukirman, kegiatan yang mengambil thema "Jaton Indonesia Merekat dalam NKRI" dan Sub Thema "Jaton menuju Kampung Wisata Tradisi Religi untuk mensukseskan Pesona Indonesia dan Pesona Minahasa" ini akan dirangkaikan pula dengan Munas ke-2 KKIJ yang direncanakan akan dihadiri langsung Sri Sultan Hamengkubuwono X bersama permaisurinya Gusti Kanjeng Ratu Hemas serta tokoh-tokoh nasional lainnya asal Kampung Jaton.

Diharapkan Sukirman, agar semua pihak kiranya turut mendoakan dan mendukung kegiatan ini agar dapat berlangsung dengan lancar dan sukses.

Editor: Guido Merung

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga