Selasa, 27 Juni 2017

Sajow: Dandes dan ADD Wajib Dikelola Dengan Baik dan Transparan

id dana desa, djefry sajow, pencairan dandes
Sajow: Dandes dan ADD Wajib Dikelola Dengan Baik dan Transparan
Kadis PMD Kabupaten Minahasa Djefry S. Sajow.(1)
Kami minta Dandes dan ADD ini dapat dikelola dengan baik dan transparan. Dipertanggungjawabkan transparan sesuai dengan peraturan yang ada, sehingga tidak akan berdampak pada hukum, ini yang selalu kami sampaikan ke Kumtua
Tondano (AntaraSulut) - Penyaluran Dana Desa (Dandes) serta Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2017 sudah mencapai 90 persen pada tahap pertama.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Minahasa Djefry Sumendap Sajow, tersalurnya Dandes dan ADD ini di setiap desa yang sudah lengkap administrasinya dan kini dana tersebut sudah mulai direalisasikan.

“Sudah 90 persen Dandes maupun ADD yang terealisasi. Namun masih ada sekitar sepuluh persen yang tengah berproses. Ada desa yang terkendala dengan APBDes yang belum rampung serta belum dilantiknya beberapa hukum tua,” jelas Sajow.

Dikatakannya, dalam penyaluran bantuan pemerintah di setiap desa, khususnya ADD dan Dandes ini mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2016 lalu.

“Tahun ini Dandes serta ADD mengalami kenaikan sampai 26,7 persen. Dari jumlah tahun 2016 lalu yang hanya Rp208 miliar, tahun 2017 ini anggarannya mencapai Rp245 miliar. Ini diperuntukkan bagi semua desa yang ada di Minahasa,” jelasnya.

Atas penyaluran dana yang cukup besar, dirinya meminta seluruh Kumtua dapat merealisasikan anggaran dengan baik dan transparan.

“Kami minta Dandes dan ADD ini dapat dikelola dengan baik dan transparan. Dipertanggungjawabkan transparan sesuai dengan peraturan yang ada, sehingga tidak akan berdampak pada hukum, ini yang selalu kami sampaikan ke Kumtua,” kuncinya.

Editor: Guido Merung

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga