Minggu, 22 Oktober 2017

Tiba Kesenian Minahasa Dialog Bersama Konjen RI Los Angeles

id Tim Kesenian Minahasa Tiba di AS
Tiba Kesenian Minahasa Dialog Bersama Konjen RI Los Angeles
Tim Kesenian Minahasa di AS (1)
Los Angeles (Antara Sulut) - Delegasi tim kesenian Pemkab Minahasa yang melakukan lawatan ke Amerika Serikat dengan menumpangi pesawat Singapore Airlines SQ 008, tiba dengan selamat di Tom Bradley International Los Angeles Airport (LAX), pukul 06.30 waktu setempat, Selasa (23/5).

Delegasi  dipimpin oleh Sekretaris Kabupaten Minahasa Jeffry Korengkeng bersama sejumlah pejabat, beberapa anggota Dekab dan personel tim kesenian  Waraney-Wulan Minahasa dan pemain kolintang, disambut Ketua Panitia Minahasa Culture Night 2017 Denny Sondakh, Sekretaris Joice Langi, Bendahara Henggry Mendur dan Jessica Meiske Abas di Airport tersebut.

Agenda pertama dari tim yang turut didampingi oleh Kadis Kebudayaan Provinsi Sulut Fredrick Rotinsulu, Asisten I Denny Mangala, Asisten II Wilford Siagian, Plt Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Agustivo Tumundo, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Djefry S. Sajow melakukan tatap muka dan dialog dengan Wakil Konsul Jenderal RI di Los Angeles Patricia Endang didampingi Kepala Bagian Protokol KJRI Pendekar Muda Sondakh bertempat di Aula KJRI, Jln 3457 Wilshire 3457 Boulevard California.

Kepada tim, Wakil Konjen Patricia Endang menyampaikan, selamat datang di Amerika Serikat dan menyampaikan dukungannya atas rencana pelaksanaan pergelaran seni dan budaya "Minahasa Cultural Night" yang akan dihelat Sabtu 27 Mei 2017 nanti di Colton California.

Wakil Konjen Patricia Endang memaparkan, Warga Negara Indonesia asal Sulawesi Utara dan Sumatera Utara mendominasi jumlah penduduk asal Indonesia yang tersebar Los Angeles dan di beberapa wilayah di California ini.

"Salut kepada tim ini karena semua anggotanya bisa memperoleh visa mengingat sejak Presiden Donald Trump menjabat, proses pengurusan visa masuk di negara ini sudah sangat diperketat," ucapnya.

Patricia menyampaikan, salam hormat buat Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow dan mengharapkan agar berbagai keunggulan wisata dan semua potensi seni budaya di Minahasa akan terus dikembangkan, termasuk melalui kegiatan promosi  di Negara Amerika Serikat saat ini.

Sekkab Jeffry Korengkeng menyampaikan, terima kasih atas penyambutan Wakil Konjen RI di Los Angeles dan menyampaikan ucapan salam hormat dari bupati Minahasa yang sesuai rencana awal akan turut bersama delegasi ini namun karena ada kegiatan yang penting di daerah maka dibatalkan rencana kedatangannya.

Korengkeng juga memperkenalkan semua rombongan yang mendampinginya, termasuk para Waraney-Wulan Minahasa yang akan memperagakan beberapa tarian daerah Minahasa dan peragaaan busana batik khas Minahasa, serta para ASN Pemkab sebagai tim kolintang yang akan menyemarakkan suasana nanti.

"Lewat kegiatan Minahasa Cultural Night 2017 dalam upaya mensukseskan program Pesona Minahasa 2017 ini akan banyak masyarakat Minahasa beserta warga negara Amerika yang akan menyaksikan pergelaran ini, sehingga kelak memberikan minat dan daya tarik bagi para warga negara Amerika mengunjungi Minahasa dan berkenan menanamkan modal dan berinventasi di Kabupaten Minahasa," katanya.

Untuk agenda tim, menurut Plt Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Agustivo Tumundo, rombongan akan meninjau Hollywood dan berkeliling di Kota Los Angeles, serta menghadiri Welcome Dinner yang disiapkan panita pelaksana bertempat di Yucaipa, California.

Sedangkan agenda Rabu (24/5) hari ini, kata Tumundo tim menuju Las Vegas untuk melakukan promosi seni dan budaya di kota itu, kemudian pada Kamis (25/5) esok, akan mengunjungi objek wisata alam Grand Canyon sebagai salah satu keajaiban dunia yang menakjubkan yang terdapat di dunia ini.

Editor: Guido Merung

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga