Selasa, 27 Juni 2017

Pemkab: Kebersihan lingkungan tanggung jawab bersama

id kebersihan tanggung jawab bersama
Pemkab: Kebersihan lingkungan tanggung jawab bersama
Porkius Parera Sekertaris dinas lingkungan Hidup Sangihe (1)
"Apabila semua masyarakat menyadari manfaat kebersihan lingkungan maka tidak ada lagi sampah yang bertebaran dimana-mana,"
      Sangihe,  (Antara) - Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Porkius Parera mengatakan semua masyarakat harus terlibat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

      "Kebersihan lingkungan pemukiman merupakan tanggung jawab semua warga masyarakat," kata Porkius Parera di Tahuna, Kamis.

      Menurut dia pemerintah daerah terus memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya lingkungan pemukiman yang bersih dari berbagai sampah dan kotoran demi kenyamanan dan kesehatan masyarakat.

"Ketika lingkungan pemukiman bersih maka kesehatan masyarakat juga menjadi terjamin," kata dia.

      Dinas lingkungan hidup terus berupaya agar budaya hidup bersih dengan tidak membuang sampah sembarangan menjadi satu gaya hidup masyarakat kabupaten Sangihe.

      "Apabila semua masyarakat menyadari manfaat kebersihan lingkungan maka tidak ada lagi sampah yang bertebaran dimana-mana," kata dia.

      Tujuan kebersihan lingkungan untuk memperoleh penghargaan harus mulai digeser sebab kebersihan lingkungan digalakan untuk kesehatan masyarakat sendiri.

      "Penghargaan yang diberikan terhadap kebersihan merupakan salah satu bagian dari manfaat kebersihan," kata dia.

      Menurut dia adipura bukan suatu program tapi merupakan suatu sistem yang digunakan untuk memberi semangat kepada masyarakat dan pemerintah guna menjaga kebersihan lingkungan serta kota Tahuna.

      Dia berharap sekalipun tidak ada penilaian adipura namun kebersihan kota Tahuna harus tetap dijaga oleh masyarakat sebagai bagian dari budaya bersih.***4***



(T.KR-JRL/B/G004/C/G004) 13-04-2017 18:11:38

Editor: Guido Merung

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga