Manado, (Antaranews Sulut) - Bawaslu Sulawesi Utara (Sulut) menunjukan kepeduliannya terhadap lingkungan dengan ikut melakukan pengurangan sampah plastik, dengan menginstruksikan penggunaan wadah makanan berbahan non plastik (eco friendly).   

"Bawaslu bukan hanya peduli dengan Pemilu tetapi juga dengan lingkungan supaya tetap lestari," kata Pimpinan Bawaslu Sulut,  Supriyadi Pangelu, SH, di Manado. 

Dia mengatakan, menginstruksikan pengawas pemilu di 15 kabupaten dan kota agar mendukung gerakan perlindungan dan pengelolaan lingkungan dengan mengurangi sampah plastik. 

"Kami menyurati semua ketua Bawaslu Kabupaten dan Kota di Sulawesi Utara dan menginstruksikan tidak menggunakan wadah makan dan minuman yang menggunakan plastik," kata Pimpinan Bawaslu provinsi, 

Dengan demikian, katanya, Bawaslu juga sudah ikut menjaga kelestarian lingkungan, karena ikut mengurangi pemakaian wadah plastik yang merupakan sampah yang tak bisa didaur ulang. 

Sebagai solusi, katanya, pihaknya menginstruksikan agar seluruh Bawaslu di kabupaten dan kota menggunakan wadah makan dan minum yang terbuat dari kayu, stainless steel atau bahan ramah lingkungan lainnya. 

"Pokoknya kami mengingatkan mereka agar menggunakan bahan yang eco friendly, sehingga tidak merusak lingkungan yang ada," katanya. 

Selain itu, katanya, Bawaslu kabupaten dan kota, wajib menyampaikan hal tersebut ke kabupaten dan kota sehingga tidak lagi menggunakan bahan yang berwadah plastik agar turut juga menjaga kelestarian lingkungan.***  

 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B

Copyright © ANTARA 2024