Manado (ANTARA) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bolaang Mongondow Shabri Makmur Bora mengatakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) mampu meningkatkan kualitas siswa di era digital.

"Era transformasi digital saat ini menjadi salah satu sarana pembelajaran di setiap sekolah ataupun madrasah," kata Bora, di Bolmong, Sulawesi Utara, Rabu.

Dia mengatakan seperti ANBK yang dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Bolaang Mongondow, Kecamatan Passi Barat, Desa Wangga.

ANBK, katanya, menjadi program nasional yang harus tersalurkan sampai ke pelosok negeri.

Lewat ANBK, katanya, cara untuk menilai keterampilan umum dan khusus siswa dalam menerima pengajaran dari guru-guru menjadi akan lebih efisien dan memperbaiki di sisi mana keterampilan yang kurang dalam menerima materi.

Kepala Kantor Kemenag berpesan agar selalu meningkatkan keterampilan siswa, terlebih saat ini era digital.

"Jangan sampai siswa-siswa Madrasah tidak bisa mengoperasikan digital namun tetap selalu diawasi agar terkontrol dalam menggunakannya," jelasnya.

ANBK yang dilaksanakan di MIN 3 Bolmong diawasi langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Bolaang Mongondow Shabri Makmur Bora dan Kepala Seksi Madrasah Nurhan Soga, serta disambut baik oleh Kepala Madrasah MIN 3 Bolmong Yuliana Sani beserta jajarannya.

 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024