Manado (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung, Provinsi Sulawesi Utara, mencanangkan zona integritas pembangunan wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM) di lingkungan pemerintah kota setempat.

"Pembangunan zona integritas karena terinspirasi dari konsep island of integrity yang merupakan praktik lebih jauh dari eksistensi pengembangan keilmuan administrasi publik dan tata kelola pemerintahan," kata Wali Kota Bitung Maurits Mantiri, di Bitung, Selasa.

Dia mengatakan konsep itu merupakan suatu kondisi dimana unit kerja instansi pemerintah yang mampu memberikan tata kelola yang terbaik, meskipun instansi pemerintah di sekitarnya didominasi oleh manajemen dan tata kelola yang buruk.

Untuk itu, katanya, menciptakan kinerja organisasi yang bebas korupsi merupakan dampak sekaligus tujuan utama dari pelaksanaan konsep island of integrity.

Wali Kota juga menyampaikan untuk mewujudkan zona integritas ini tidak hanya dengan kalimat saja, tetapi harus dieksekusi.
 

Zona integritas berjalan sesuai dengan harapan bersama, untuk menciptakan lingkungan yang bebas korupsi, katanya.

Pemerintah meminta dukungan penuh semua instansi terkait bahkan masyarakat agar bisa bekerja dengan integritas tinggi untuk kesejahteraan masyarakat.

"Program pemerintah ini harus dirasakan seluruh masyarakat di Kota Bitung," ujarnya.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024