Manado (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung, Sulawesi Utara, melakukan sosialisasi Goole Cloud Platform guna menjaring 1.001 komunitas digital.

Wali Kota Bitung Maurits Mantiri di Bitung, Rabu (8/2), memandang penting sosialisasi Google Cloud Platform. Hal ini terkait dengan digitalisasi pihaknya tengah menyasar lapisan masyarakat yang tepat.

Maurits menyebutkan ada banyak komunitas baru di kota ini sehingga haknya menargetkan 1.001 komunitas yang akan melebarkan program Digital Kota Bitung.

Pemkot Bitung terus berupaya menggalang dan mengumpulkan komunitas. Setelah komunitas, lapisan berikut yang akan disasar adalah tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Setelah melewati tahapan asesmen pada tahun 2021, kata dia, Kota Bitung menjadi salah satu peserta Gerakan Menuju Smart City Tahun 2022 dari 50 kabupaten/kota.

Ia mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk mengembangkan kota cerdas dengan dukungan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) guna meningkatkan layanan kepada masyarakat.

"Meskipun secara infrastruktur belum siap, langkah telah dimulai dan kunci utamanya adalah integrasi. Berpikir digital adalah integrasi dan kolaborasi agar layanan publik bisa dipercepat,” jelasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, antara lain, Sekretaris Daerah Kota Bitung Rudy Theno, Andhra Jayanti, dan Maikel dari Google Cloud Indonesia.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024