Manado (ANTARA) - Festival Pesona Selat Lembeh (FPSL) Kota Bitung, Sulawesi Utara (Sulut) masuk dalam 110 Kharisma Event Nasional (KEN) 2022.

"Sebanyak 319 usulan yang masuk dari 34 provinsi di Indonesia setelah menjalani kurasi tahap I dan tahap II akhirnya FPSL masuk KEN 2022," kata Wali Kota Bitung Maurits Mantiri, di Bitung, Kamis.

Dia mengatakan Pemerintah Kota Bitung sangat menyambut baik dan bersyukur karena ada festival pesona selat Lembeh yang masuk dalam KEN 2022.

“Semoga dengan masuknya FPSL di KEN, pemerintah Kota Bitung bisa mempromosikan spot-spot pariwisata yang ada di kota ini dan akan meningkatkan kunjungan wisatawan lokal maupun internasional di kota yang kita cintai ini,” kata Maurits.  

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno telah meluncurkan program “Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022.

KEN merupakan strategi kolaborasi Kemenparekraf dengan pemerintah daerah melalui penyelenggaraan event berkualitas.

Dia menjelaskan KEN 2022 bertujuan untuk mempromosikan destinasi pariwisata, meningkatkan kunjungan wisatawan, memberdayakan potensi lokal, serta memberikan dampak positif terhadap ekonomi, sosial budaya, dan lingkungan dengan prinsip berkelanjutan. 

“KEN 2022 ini adalah wadah kumpulan event-event berkualitas dari seluruh Indonesia, kami bangga sekarang ada harapan baru bagi kebangkitan industri event tanah air, sekaligus juga mendukung keinginan Indonesia sebagai destinasi wisata,” katanya.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024