Manado (ANTARA) - Kegiatan  tahunan Festival Pesona Selat Lembeh (FPSL) 2020 bakal tetap digelar Pemkot Bitung tahun ini, dengan penerapan protokol kesehatan COVID-19.

“Di masa pandemi ini,  FPSL akan tetap diselenggarakan dengan format yang berbeda. Protokol kesehatan akan diterapkan, serta kegiatan on line dan offline pun disiapkan,” kata  Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bitung, Audy Pangemanan di Bitung, Selasa.

Alasannya tetap digelarnya kegiatan ini,  kata Audy, dikarenakan FPSL sudah masuk 100 "calender of event wonderful 2020" Kementerian Pariwisata.

Butuh perjuangan untuk bisa masuk dalam daftar tersebut, katanya, jadi sangat disayangkan jika tahun ini absen menggelar FPSL tapi tentu dengan konsep yang telah disesuaikan dengan protap kesehatan pencegahan COVID-19.

Selain itu kata dia, FPSL adalah iven yang menampilkan segala jenis kekayaan Kota Bitung seperti budaya dan keindahan alamnya.

FPSL adalah wadah untuk mempertahankan dan memperkenalkan segala jenis budaya yang ada di Kota Bitung ke generasi muda. "Sehingga kita tetap komitmen untuk menggelar tahun ini dengan berbagai penyesuaian,” katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Pemkot Bitung, Pingkan Kapoh menambahkan, iven FPSL 2020 resmi dibuka tanggal 10 Oktober yang bertepatan dengan HUT ke-30 Kota Bitung.

Prosesi pembukaan FPSL 2020 pas kegiatan Paripurna HUT Kota secara virtual ditandai dengan sailing pass yang hanya melibatkan tiga kapal mengangkut pejabat Pemkot Bitung,” kata Pingkan.

Segala acara hiburan kata Pingkan, juga akan disiarkan secara virtual dan puncak acara FPSL 2020 tanggal 17 Oktober bakal digelar di GOR Duasudara.

Sumber dananya dari Kementerian Pariwisata mengingat FPSL 2020 sudah masuk 100 calender of iven wonderful 2020.

Konsep FPSL 2020 adalah memindahkan keramaian di jalan ke media sosial serta diharapkan dukungan dari semua lapisan masyarakat utuk mensukseskan iven itu kendati lewat virtual.

 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024