Minahasa Tenggara, Sulut (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), mulai melakukan pembicaraan dengan sejumlah rumah sakit, untuk melakukan penjajakan kerja sama.
"Kami sudah melakukan pembicaraan dengan sejumlah rumah sakit, dan alah satunya yang sudah  dilakukan penjajakan yaitu rumah sakit Budi Setia Langowan," kata Kepala Dinkes Mitra Helni Ratuliu di Ratahan, Sabtu.
Ia mengungkapkan, penjajakan kerja sama tersebut menindaklanjuti perintah Bupati Mitra James Sumendap untuk membuka kerja sama dengan sejumlah rumah sakit dalam rangka mensiasati naiknya iuran BPJS Kesehatan.
"Ini menjadi upaya Pemkab untuk tetap memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat Minahasa Tenggara," katanya.
Ia menambahkan, pihaknya akan berkomunikasi juga dengan sejumlah rumah sakit milik pemerintah dan swasta, khususnya yang menjadi rujukan.
"Rumah sakit di Tomohon akan kami jajaki kerja samanya. Termasuk juga rumah sakit Kandow, dan rumah sakit Siloam di Manado," ujarnya.
Selain itu kata Helni, pihaknya juga telah menurunkan tim ke desa dan kecamatan untuk mendata serta memverifikasi langsung masyarakat yang masuk tanggungan Jamkesda.
Ia menuturkan juga untuk anggaran Jamkesda yang disiapkan Pemkab Mitra pada tahun 2020 berada di angka Rp 16 miliar.***3***

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024