Manado (ANTARA) - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sulawesi Utara,  memberikan opini wajar tanpa pengecualian (WTP), terhadap laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) Kota Manado, 2018, yang diserahkan hari ini (27/5).

"Untuk tahun ini, kami memberikan opini WTP terhadap LKPD Manado 2018, karena mengalami perbaikan dari tahun sebelumnya,  menindaklanjuti semua rekomendasi yang diberikan oleh BPK pada tahun lalu," kata Kepala Perwakilan BPK Sulawesi Utara, Tangga Muliawan Purba, di sela-sela penyerahan LHP, di kantor BPK Manado, Senin. 

Dia mengatakan, meskipun sudah mendapatkan opini WTP namun berharap pemerintah daerah termasuk Manado jangan berpuas diri dulu, karena masih banyak yang harus diselesaikan dulu.  Wali Kota dan Ketua DPRD menerima LHP dari kepala BPK Perwakilan Sulawesi Utara. Senin sore. (jo) (1)

Meski demikian Purba, menyampaikan ucapan terima kasih karena pemerintah daerah termasuk Manado sudah berusaha melakukan berbagai upaya untuk memperbaiki laporan keuangan pemerintah daerah sehingga menjadi lebih baik dibandingkan sebelumnya. 

Dia mengatakan, pemeriksaan BPK dilakukan dengan tujuan untuk pemberian opini terhadap LKPD apakah sudah memenuhi standar akuntansi, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan efektivitas sistem internal. 

Sementara Wali Kota Manado, Vicky Lumentut, menyambut gembira opini WTP tersebut, karena berarti Manado sudah menjadi lebih baik dibandingkan sebelumnya, dan menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajarannya atas prestasi tersebut.  Wali Kota dan Ketua DPRD menandatangani berita acara penyerahan LHP di kantor perwakilan BPK perwakilan Sulawesi Utara (jo) (1)
"Ini adalah prestasi seluruh rakyat Manado, dan seluruh jajaran yang sudah melaksanakan tugas dengan baik, kami sampaikan terima kasih semoga kedepannya menjadi semakain baik," katanya. 

Demikian juga dengan Ketua DPRD Manado, Noortje Henny Van Bone, yang menyampaikan apresiasi atas prestasi yang dicapai Manado, karena itu menunjukan perbaikan laporan keuangan pemerintah daerah, dari tahun sebelumnya. 

Ibu Nor, sapaan, akrab ketua DPRD Manado, juga berharap kedepannya sinergitas antara pemerintah dan DPRD tetap berjalan, sehingga LKPD akan tetap mendapatkan opini WTP seperti tahun ini, sehingga menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. ***

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024