Manado (Antaranews Sulut) - Bawaslu Manado terus mengingatkan para ASN di daerah tersebut, agar selalu bersikap netral dalam menghadapi pesta demokrasi 2019 nanti. 

Ketua Bawaslu Manado, Marwan Kawinda menegaskan hal tersebut, menyikapi tetap masih adanya ASN yang sudah berfoto dengan menunjukan dukungan terhadap partai tertentu dengan berfoto dengan menunjukan gerakan atau isyarat tertentu. 

"Itu sudah jelas diatur dalam UU tentang ASN, jangan ikut-ikutan berpolitik praktis, hak pilih pasti punya, tetapi jangan ikut-ikutan berkampanye, dengan mengangkat jari atau membuat syarat tertentu," kata Kawinda. 

Dia mengingatkan, apalagi saat ini di sosial media, sering para ASN tidak sadar sudah ikut-ikutan mengomentari sesuatu yang berhubungan langsung dengan parpol atau pilpres karena akan dikenakan sanksi. 

Menurut Kawinda, pihaknya sudah menyampaikan hal tersebut kepada wali kota Manado, Vicky Lumentut, dalam pertemuan pada November lalu dan minta agar ditegaskan kepada ASN. 

"Kami sudah menegaskan hal tersebut berkali-kali dan minta supaya hal itu dipatuhi, sebab aturan akan ditegakkan tanpa pandang dulu, jika memang terbukti melanggar maka ASN yang bersangkutan akan dikenakan sanksi," katanya. 

Di sisi lain, dia mengatakan sebisanya ASN bersikap netral saja, meskipun punya dukungan dan pilihan simpan saja dalam hati, nanti digunakan pada saat pemilu dan pilpres, apalagi kalau sedang menggunakan seragam. ***
 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B

Copyright © ANTARA 2024