Bolmong, (Antaranews Sulut) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) akan membangun instalasi pengolahan air limbah (IPAL) komunal skala kecil di desa-desa, dengan dana yang disiapkan sekitar Rp525 juta.

"IPAL ini dibuat karena masih banyak warga yang belum memiliki jamban, pengolahan sanitasi di desa pun masih bermasalah. Karenanya, Pemkab Bolmong mengupayakan membangun untuk kepentingan rakyat," kata Kadis Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Pemkab Bolmong Dadang Nugroho, di Bolaang Mongondow, Rabu.

Ia mengatakan program sanitasi IPAL Komunal ini merupakan pembuangan limbah dari pemakaian rumah tangga. Satu IPAL minimal 50 KK yang membuang kotoran rumah tangga, seperti toilet, air bekas pencucian baju dan lain sebagainya.

"Empat titik yang akan dibangun IPAL tersebut masing-masing di Desa Mopugad Selatan, Mopugad Selatan I, Dumoga II dan Mogoyunggung I. Diprioritaskan untuk kawasan kumuh dan padat penduduk. Tapi, bukan desanya yang kumuh. Di dalam desa kan ada dusun-dusunnya yang padat penduduk, nah disitulah IPAL ini akan dibangun," tuturnya.

Ia mengatakan saat ini rencana pembangunan IPAL ini dipusatkan di Kecamatan Dumoga. Kemudian tahun-tahun berikut pun berpindah ke desa-desa yang lain.

"Saya berharap masyarakat di kecamatan lain agar bersabar. Sebab, ditargetkan pembangunan IPAL ini di seluruh kecamatan se Bolmong. Untuk tahun ini di empat desa dulu," ungkapnya.

(T.KR-MDY/B/G004/G004) 02-05-2018 22:01:29

Pewarta : Martsindy Adelfrits Rasuh

Copyright © ANTARA 2024