Bolaang Mongondow, (Antaranews Sulut) - Sebanyak 17 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) siap mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang akan dilaksanakan mulai 23 April 2018.

"Dari total 67 SMP di Bolmong, 17 di antaranya siap 100 persen mengikuti UNBK. 17 SMP ini menjadi percontohan pertama penerapan UNBK. Persiapannya sudah 100 persen," ungkap Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Bolmong Renti Mokoginta di Tondano, Rabu.

Untuk saat ini, Disdik sudah melaksanakan simulasi di salah satu SMP guna persiapan menghadapi UNBK.

"Jadi simulasi juga telah dilaksanakan, para siswa-siswi juga terus diberikan pelatihan untuk mengoperasikan komputer. Supaya pada saat UNBK nanti mereka sudah mengerti cara mengisi soal," tuturnya.

Ia mengatakan sesuai dengan persiapan yang telah dilakukan, UNBK di Kabupaten Bolmong diharapkan dapat terlaksana dengan baik.

"Berbagai persiapan dalam penerapan UNBK telah dilaksanakan, kita berharap pada saat ujian nanti dapat berjalan dengan baik," katanya.

Ia menambahkan sukses tidaknya pelaksanaan UNBK pun butuh dukungan orang tua murid, karena anak didik bisa mengisi dengan baik juga ada peran orang tua.

"Kami meminta peran orang tua juga untuk memotivasi anak didik sehingga bisa mengisi soal dengan benar dan mendorong mereka untuk semangat mengikuti ujian," katanya.

Selain orang tua, ia mengatakan juga dibutuhkan dukungan dan arahan dari sekolah dimana anak didik tersebut menimbah ilmu. Jadi semua harus saling bersinergi untukn suksesnya pelaksanaan UNBK.

"Pihak sekolah pun wajib mengarahkan anak didik dengan baik dan jika bisa silahkan beri dukungan moral terhadap seluruh siswa," ucapnya.

(T.KR-MDY/B/A043/A043) 28-03-2018 09:32:09

Pewarta : Martsindy Adelfrits Rasuh
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024