Manado, (Antarasulut) - Memperingati hari-hari besar nasional mulai dari sumpah pemuda, hari pahlawan dan  syukuran HUT Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, ODC menggelar kegiatan berbagai kemasyarakatan, mulai dari sosialisasi edukasi pertanian, peternakan, kelautan sampai sosialisasi ikan raja laut, di Tateli, Minahasa. 

     "Acara tersebut akan digelar pada 17 November nanti, mulai dari sosialisasi dan edukasi tentang ikan kepada raja laut kepada masyarakat umum, serta perlombaan memancing gratis," kata Ketua ODC, Ferry Wowor, melalui sekretaris panitia pelaksana, Jelly Rumimpunu, didampingi EO, Almy Lowing, di Manado. 

     Dia mengatakan, acara tersebut digelar supaya bisa memberikan pemahaman kepada para siswa, serta masyarakat umum, tentang adanya aset purbakala di Sulawesi Utara, yakni ikan raja laut coelacanth, yang dianggap sudah menjadi fosil tetapi masih tetap hidup di lautan Sulawesi Utara sampai sekarang, dan menjadi salah satu destinasi wisata dunia.     
     
     "Acara akan digelar pukul 12.00 Wita, Jumat 17 November nanti, dimana akan ada para pakar dari Universitas Sam Ratulangi yang menjelaskan mengenai ikan raja laut, kepada khalayak," katanya. 

     Di sela-sela sosialisasi dan edukasi tersebut, akan digelar lomba memancing gratis, dengan waktu sekitar 15 menit untuk tiap peserta, kata Jelly. 

     Untuk membuat masyarakat terutama generasi muda, makin mengerti dan mengenal tentang ikan raja laut tersebut nanti akan dipamerkan ikan yang tersebut, kepada masyarakat sehingga akan makin dikenal, sebab memang meskipun sudah mencuat sekitar delapan tahun lalu, tapi sudah meredup lagi. 

     Jelly mengatakan, dengan acara tersebut, diharapkan akan membuat masyarakat makin menyadari kekayaan alam yang terkandung di bumi ini.  ****       

Pewarta : Joyce Bukaraklombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024