Manado (ANTARA) - Wali Kota Bitung Maurits Mantiri mengatakan Kota Bitung memproduksi sebanyak 1.400 ton ikan kaleng setiap hari oleh sejumlah perusahaan perikanan di daerah tersebut.

"Potensi bisnis di Bitung yakni pengolahan ikan tangkapan laut menjadi industri terbesar perikanan di Indonesia," kata Maurits, di Bitung, Jumat.

Dia menjelaskan dari 14 pabrik pengolahan ikan kaleng di Indonesia, ada sebanyak tujuh pabrik berada di Kota Bitung, dengan kapasitas produksi mencapai 1.400 ton per hari.

Dengan jumlah tersebut, Maurits menyebut, jika pasar ikan kaleng di Indonesia dibina dengan baik, maka Kota Bitung akan menjadi penyedia paling besar.

“Kalau orang bilang, Bitung adalah kota cakalang, hebatnya lagi, pabrik ikan kaleng tuna cakalang produksi Kota Bitung sudah dikenal hingga manca negara seperti Jepang, Vietnam, negara Eropa maupun Amerika," jelasnya.

“Produksi pabrik pengolahan ikan kaleng di Kota Bitung hampir semuanya berorientasi ekspor ke luar negeri,” katanya.

Kota Bitung sudah disebut sebagai kota penghasil produk olahan ikan cakalang terbesar di Indonesia. Hal tersebut diketahui sebab, Kota Bitung setiap tahunnya menghasilkan ikan cakalang sebanyak ribuan hingga ratusan ton.
 
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024