Minahasa Tenggara (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Tenggara menerima pendaftaran bakal calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), dari partai politik sejak dibuka tahapan pendaftaran sejak sejak Senin (1/4).

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menjadi partai peserta Pemilu 2024, pertama yang mendaftarkan para bakal calon anggota legislatif-nya di KPU Kabupaten Minahasa Tenggara.

"PDIP menjadi partai pertama di Minahasa Tenggara yang pertama mendaftarkan para bakal calon anggota DPRD kabupaten di KPU," kata Ketua KPU Minahasa Tenggara Wolter Dotulong di Ratahan.

Ia mengungkapkan, pihaknya menerima berkas dari 25 bakal calon anggota DPRD, yang tersebar di empat daerah pemilihan (Dapil), di Kabupaten Minahasa Tenggara.

"Setelah disampaikan, dokumen digital diunggah melalui sistem informasi pencalonan (silon). Sedangkan dokumen fisik yang diantar dalam pendaftaran ini, dengan memperhatikan persyaratan yang diatur dalam peraturan," jelasnya.

Sementara itu, dalam proses pendaftaran yang dipimpin langsung Ketua DPC PDIP Minahasa Tenggara James Sumendap, bersama para kader mendatangi Sekretariat KPU dengan menggunakan pakaian perang adat Minahasa.

"Ini menjadi simbol jika kader PDIP yang didaftarkan menjadi Bacaleg siap untuk bertarung pada Pemilu 2024," ujarnya.

Dia menambahkan, sebagai partai yang memperhatikan nilai budaya sebagai kepribadian bangsa, menjadi alasan kedatangan para kader menggunakan pakaian adat tersebut.

Ditambahkannya, PDIP adalah partai yang tertib, partai disiplin, dan partai menjadi keinginan dari warga masyarakat.

"Targetnya, kami akan melakukan semua. Termasuk target kita untuk memenangkan calon Presiden kita Ganjar Pranowo," tandasnya.***

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024