Minahasa Tenggara (ANTARA) - Warga Muslim di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara melaksanakan Sholat Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah, yang dilaksanakan di sejumlah masjid di daerah tersebut pada Kamis (13/5).
Meski pelaksanaan Sholat Idul Fitri dilaksanakan secara berjamaah, namun tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat bagi seluruh jamaah.
Seperti di Masjid Masjid Nurul Hasanah Ratahan, para jamaah melaksanakan sholat Idul Fitri secara khidmat, dan khusyuk, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.
"Para jemaat yang melakukan sholat di Masji Nurul Hasanah, melaksanakan sholatnya secara khidmat. Dan semuanya mematuhi setiap protokol kesehatan," kata Camat Ratahan Arce Kalalo.
Ia mengungkapkan, para jamaah tersebut menerapkan apa yang menjadi imbauan dari pemerintah kecamatan, bersama dengan pengurus masjid terkait dengan penerapan kesehatan.
Selain itu, menurut birokrat muda Minahasa 
Tenggara ini, imbauan terkait larangan mudik juga telah disampaikan kepada para masyarakat yang berada di luar daerah.
"Ini juga dibantu oleh imam masjid, yang meminta sanak keluarga, maupun kerabat yang dari luar Sulawesi Utara tidak mudik," katanya.
Selain itu menurut Arce, secara keseluruhan pelaksanaan sholat Idul Fitri di Ratahan berlangsung dengan aman, dan lancar serta mendapatkan penjagaan dari aparat Kepolisian dan TNI.
"Seluruh jajaran pemerintah kecamatan, sampai kelurahan juga ikut turun lapangan pada saat pelaksanaan sholat Idul Fitri," tandasnya.***3***
 

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024