Manado (ANTARA) - DPRD Manado, mendorong pemerintah kota agar terus mengikuti ketentuan dan peraturan yang berlaku, dalam pelaksanaan program karena semuanya berhubungan dengan anggaran, demi menghindari masalah hukum. 

"Dalam fungsi pengawasan tentu kami mendorong agar dalam pelaksanaan program terutama dalam serapan anggaran agar tetap on the track," kata angggota DPRD Manado dari FPDIP, Ronni Makawata, saat rapat EPRA yang dihadiri Forkopimda  di Manado. 

Roma sapaan akrabnya mengingatkan  dalam pelaksanaan semua program terutama pekerjaan fisik, dimana Pemkot mendapat pendampingan dari tim pengawal pengamanan pemerintah dan pembangunan daerah (TP4D) Kejaksaan Negeri Manado, untuk selalu minta petunjuk agar tidak salah dalam pelaksanaan semua program. 

Apalagi katanya, dalam rapat evaluasi dan pengawasan  realisasi anggaran, APBD 2019,  serapan anggaran ada yang baik dan kurang, karena itu dia mengingatkan agar para kepala perangkat daerah mengingat hal itu dengan benar. 

"Ada yang serapannya sesuai dengan tahapan, ada yang rendah, sebaiknya berkonsultasi dengan TP4D, sehingga ada solusi seperti apa yang harus ditempuh untuk menyelesaikan hal tersebut," katanya. 

Sekretaris Daerah Kota Manado Micler Lakat, mengingatkan agar seluruh jajarannya melaksanakan semua program dengan baik, terutama fisik agar dapat sesuai ketentuan. 

Dia mengatakan jika memang ada kendala yang dihadapi harus dikonsultasikan dengan tim pendamping dari TP4D, sehingga tidak ada kesalahan yang bisa menyebabkan masalah di kemudian hari. 

Selain itu Sekdakota juga mempertanyakan mengenai berbagai perkembangan yang terjadi belakangan ini, dimana pelaksanaannya bermasalah atau tidak. 

Diapun mengingatkan supaya serapan anggaran tetap sesuai dengan ketentuan dan seimbang antara fisik dan keuangan sehingga tetap sesuai ketentuan. ***

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024