Manado 14/2 (Antaranews Sulut) - Wakil Bupati Ronald Kandoli menjadi pelaksana tugas Bupati Minahasa Tenggara setelah mendapat surat penugasan dari Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) yang diserahkan Wakil Gubernur Steven Kandow di Manado, Rabu, untuk menggantikan James Sumendap yang melaksanakan cuti kampanye.

 
      Ini sekaligus mencatatkan dirinya sebagai putra Ratahan pertama yang menjadi bupati Kabupaten Minahasa Tenggara, meski berstatus pelaksana tugas.


      Sementara itu dalam penyampaiannya, Wagub mengungkapkan, penugasan pelaksana tugas Bupati harus segera dilaksanakan sesuai dengan aturan yang ada.


      "Ini sesuai dengan amanat konstitusi, ketika kepala daerah sedang melaksanakan cuti di luar tanggungan negara, maka wajib segera diisi oleh pelaksana tugas," kata Steven.

  
     Menurut Steven hal tersebut wajib segera dilaksanakan untuk menjaga kesinambungan roda pemerintahan di daerah.

    
    Ia mengungkapkan, pelaksana tugas Bupati Minahasa Tenggara diminta segera melaksanakan kegiatan pemerintahan daerah.


        "Saya minta harus segera melakukan konsolidasi dengan semua lembaga dan instansi di daerah baik itu DPRD, Muspida, jajaran perangkat daerah, dan yang paling penting dengan masyarakat," ujarnya.


       Ia juga mengingatkan agar memelihara ketertiban daerah serta memfasilitasi dalam pelaksanaan Pilkada, menjaga netralitas ASN, membahas rancangan peraturan daerah dengan DPRD dan dapat menandatanganinya setelah mendapatkan persetujuan Menteri Dalam Negeri (Mendagri)


      "Selain itu dapat melakukan pengisian jabatan lowong, tapi wajib mendapatkan persetujuan dari Menteri Dalam Negeri," katanya.


       Dia menegaskan agar menjaga loyalitas dan tetap melaksanakan program yang sudah dipersiapkan di daerah, serta terus berkoordinasi dengan pemerintah provinsi.

    
    "Saya ingatkan, pelaksana tugas jangan punya agenda lain, tetap dalam koridor dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah, dan wajib berkoordinasi terus dengan pemerintah provinsi," katanya.

  
     Steven pun meminta pelaksana tugas bupati untuk segera melakukan rapat koordinasi dengan seluruh jajaran perangkat daerah.


       Sementara itu Ronald Kandoli mengaku dia siap untuk melaksanakan tugas tayang telah dipercayakan.


       "Tentunya ini menjadi amanah bagi saya untuk melaksanakan kegiatan pemerintahan di Kabupaten Minahasa Tenggara sebagai pelaksana tugas Bupati," ujarnya.


      Dia pun mengaku segera melakukan koordinasi dengan seluruh jajaran di lingkungan Pemkab, untuk pelaksanaan kegiatan pemerintahan.

       Ronald sendiri akan bertugas mulai 15 Februari sampai 23 Juni mendatang sebagai pelaksana tugas Bupati Minahasa Tenggara.***2***

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Karel Alexander Polakitan
Copyright © ANTARA 2024