Tondano, (AntaraSulut) - Kabupaten Minahasa menjadi berkat bagi Provinsi Sulawesi Utara(Sulut) keseluruhan, karena disana ada kedamaian dan disana ada Danau Tondano pemberi air untuk kelangsungan hidup manusia, kata Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat Rapat Paripurna Istimewa DPRD dalam rangka HUT Minahasa ke-589 di Tondano, Senin.

"Coba kita bayangkan kalau danau Tondano menjadi kering, maka masyarakat akan tidak ada air, dan pertanian khususnya sawah akan kering," kata Gubernur Olly

Bukan hanya itu, berkat Kabupaten Minahasa maka kemudian hadir kabupaten dan kota lainnya seperti Kota Bitung, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kota Tomohon.

Sifat toleransi dan kedamaian antar masyarakat, kata Olly sudah ditunjukkan sejak dulu oleh  rakyat Minahasa. "Praktek demokrasi sudah ada di Minahasa  sebelum kita merasakan demokrasi saat ini," kata Olly.

Demikian halnya dengan budaya saling membantu satu sama lain atau dikenal dengan budaya Mapalus, yang sangat terkenal di seantero nusantara, merupakan kebudayaan terus dipertahankan hingga kini oleh rakyat Minahasa.

"Minahasa menjadi berkat bagi kita semua. Berkat mengalir dari tanah Minahasa," kata Olly.

Untuk itu, kata Gubernur, mari  saling bekerja sama membangun, tingkatkan pendapatan dan manfaatkan sumber daya alam yang ada seperti danau Tondano.

"Minahasa tanah terjanji, karena dari sana mengalir berkat yang sama-sama kita dinikmati, untuk kesejahteraan bersama," kata Olly.

Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow mengatakan Kabupaten Minahasa terus berkembang dan akan berkembang lebih maju ke depan, berkat sinergitas yang tercipta pemerintah dan masyarakat serta semua pemangku kepentingan.

"Karena itu mari kita jaga stabilitas daerah Minahasa agar tetap aman dan damai, sebab dengan demikian maka semua pembangunan akan mampu diselesaikan dengan baik," kata Bupati Sajow.

Dalam kesempatan peringatan HUT Minahasa tersebut, Bupati Sajow mengungkapkan semua keberhasilan dalam segala bidang  yang telah dicapai selama ini.

Sidang Paripurna Istimewa dipimpin Ketua DPRD Minahasa J Rawung dihadiri seluruh anggota DPRD Minahasa. Turut hadir pula Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, Wakil Bupati Minahasa Ivan Sarundajang, Muspida Provinsi Sulut dan kabupaten, dan bupati/wali kota dan wakilnya se Sulut, serta musyawarah pimpinan daerah (Muspida) serta undangan lainnya.



Pewarta :
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024