Bitung, (AntaraSulut) - Hujan berintensitas sedang dan lebat  juga berakibat angin kencang yang disertai petir/kilat di Sulawesi Utara, hal tersebut dapat meluas hingga ke kota Bitung. 

    Menurut Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika Sulawesi Utara (BMKG Sulut) dengan mengedarkan Surat Dini Cuaca Ekstrim  tertanggal 16 Oktober kemarin.

    Wali kota Bitung Max J Lomban SE, MSi bersama Wakil Wali kota Bitung Ir Maurits Mantiri  (MaMa) saat dihubungi mengemukakan bahwa Bitung siaga cuaca Ekstrim.  Hal itu dibenarkan dengan Mensiagakan Badan Penanggulangan Bencana kota Bitung.

    "Pemerintah kota Bitung bersinergi dengan instansi terkait, para TNI dan Polri dan segenap tokoh masyarakat, ketika terjadi bencana seperti pohon tumbang, banjir dan tanah longsor atau bencana yang lain,  kami siap dengan mengirimkan armada untuk menanggulanginya" tutur Lomban

    Untuk itu Lomban dan Mantiri menghimbau kepada masyarakat untuk waspada dan berhati - hati akan perubahan iklim yang terjadi. 

    Terlebih di saat berada di luar rumah, karena intensitas hujan tinggi disertai angin masih terjadi meningkatkan kewaspadaan dan lebih memprioritaskan keamanan dan keselamatan diri dari hal-hal yg tidak kita harapkan.

    Mantiri menambahkan jika diperlukan nasyarakat dipersilahkan menghubungi petugas BPBD kota Bitung dengan nomor kontak : Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bitung : 043-822-35969 dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bitung : 082-321-989995.

Pewarta : Marlita korua
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024