Manado (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung, Sulawesi Utara, terus meningkatkan pengawasan orang asing jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala daerah (Pilkada) 2024 di wilayah itu.

"Bersama Tim Pengawas Orang Asing (Timpora) Kota Bitung, akan terus menjalin sinergitas dengan semua pemangku kepentingan menjelang Pilkada," kata Wali Kota Bitung Mauirts Mantiri, di Bitung, Kamis.

Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kanim Bitung Muhammad Irman mengatakan kegiatan ini diikuti oleh seluruh perangkat pemerintahan di Kota Bitung, meliputi seluruh kepala kelurahan dan camat di Kota Bitung.

"Agar nantinya dapat tersosialisasikan dengan baik kepada masyarakat terkait dengan sinergitas menjelang PIlkada Tahun 2024," kata Irman.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Bitung Barandaru Widyarto mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk saling bersinergi dalam menyikapi pemilihan kepala daerah yang akan dilaksanakan beberapa waktu ke depan.

"Dengan adanya Tim Pengawasan Orang Asing di Tingkat Kota Bitung dan dalam mendukung Pilkada Luber dan Jurdil pada tanggal 27 November 2024 nanti, Kami bersama dengan pemangku kepentingan terkait berharap agar pelaksanaan Pilkada dapat berjalan dengan lancar dan baik," jelasnya.

Disamping itu pelaksanaan Timpora ini sebagai langkah preventif bagi oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yaitu dengan membiarkan atau atau bahkan memberikan kesempatan bagi pemukim asing tanpa dokumen untuk memilih salah satu paslon, yang dapat mempengaruhi kredibilitas dan netralitas pelaksanaan Pilkada.

"Di sisi lain kami akan terus mengawasi keberadaan dan kegiatan orang asing yang dapat mengganggu stabilitas keamanan dan pelaksanaan Pilkada yang damai di Kota Bitung," kata Barandaru.


 
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024