Manado (ANTARA) - Pemerintah Kota (pemkot) Bitung, Sulawesi Utara, siap berkolaborasi dengan Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Danpusterad) Letjen TNI Mochamad Syafei Kasno guna mencapai target swasembada pangan di daerah itu.

Wali Kota Bitung Maurits Mantiri, di Bitung, Selasa, mengatakan pihaknya berterima kasih atas kunjungan Danpusterad dan siap berkolaborasi dalam rangka mencapai tujuan Indonesia Swasembada Pangan hingga ke pelosok daerah.

"Terima kasih atas kunjungannya di Kota Bitung pak Mochamad Syafei Kasno, Pemkot Bitung siap berkolaborasi mempercepat akselerasi program pertanian dan perikanan di daerah kami," kata Maurits. 

Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat(Danpusterad) Letjen TNI Mochamad Syafei Kasno mengatakan tentang program ketahanan pangan diantaranya di bidang pertanian, peternakan dan perikanan.

Mengingat Kota Bitung memenuhi kriteria tersebut, dengan demikian Danpusterad memastikan kesiapan serta tindak lanjut menuju Indonesia swasembada pangan.

Dia menjelaskan, salah satu kekuatan Indonesia adalah melalui program ketahanan pangan, dimana wilayah Indonesia yang luas dan subur merupakan faktor penunjang. 

"Apabila swasembada pangan sudah terpenuhi, juga akan bisa mengekspor bahan pangan, karena wilayah kita luas dan tanah kita subur," ujarnya.

Disamping itu, katanya, iklim Indonesia yang memungkinkan menanam sepanjang tahun, diharapkan dengan keberadaan komando kewilayahan Kodim, bisa bekerja sama dengan kementerian pertanian dan pemerintah daerah untuk mengakselerasi program program pertanian dan perikanan, sehingga program swasembada pangan Indonesia dapat tercapai dengan baik.

Danpusterad juga mengatakan untuk merealisasikan program tersebut, Panglima TNI telah melaksanakan MoU bersama kementerian pertanian, dilanjutkan kemudian oleh Mabesad sudah membuat perjanjian kerjasamanya di tingkat bawah untuk dilaksanakan.

Dirinya juga mengutarakan bahwa potensi yang ada di Kota Bitung memenuhi terlaksananya program tersebut.

"Mudah-mudahan nantinya Indonesia bisa mandiri secara pangan dan bisa swasembada," jelasnya.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024