Manado (ANTARA) - Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Utara, Diano Tino Tandaju melalui Pelaksana Harian dr. Alfrida Bayang,M.Kes mengatakan, program generasi berencana (Genre) membentuk karakter bangsa melalui peran generasi muda.

"Program Genre adalah program yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa di kalangan generasi muda," kata Alfrida di Manado belum lama ini.

Remaja saat ini akan menjadi bagian dari generasi emas Indonesia pada tahun 2045 mendatang.

"Saat Indonesia memasuki 100 tahun Merdeka diharapkan generasi ini akan menjadi leader yang bertanggung jawab, generasi yang kompetitif, produktif, inovasi, cerdas dan damai dalam berbagai situasi dan kondisi," katanya.

Selain itu, program 'Genre' dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga remaja melalui pendewasaan usia perkawinan.

Surya Erlangga dan Tirza Lolowang (Kota Manado) terpilih sebagai Duta Genre Sulawesi Utara. Surya  Erlangga dikenal aktif dalam kegiatan PIK-R Sulut mampu memberikan sumbangsih dan berperan aktif dalam program 'BanggaKencana' terkait dengan program Ketahanan Remaja. Malam apresiasi Duta Genre Sulut. ANTARA/HO-BKKBN (1)
Dia juga ikut meningkatkan pengetahuan, sikap, perilaku dalam pengelolaan pelayanan di PIK-R serta meningkatkan kreativitas remaja dalam pengembangan kegiatan edukatif dalam rangka sosialisasi dan promosi program ketahanan remaja. 

Sebanyak 27 peserta mengikuti ajang apresiasi Duta Genre, ditempa dengan beberapa kegiatan dan pembekalan dengan sejumlah materi. 

Mereka yang terpilih sebagai Duta genre diharapkan mampu menjadi 'Role Model' dalam meningkatkan pemahaman tentang ketahanan remaja melalui selalu mengkampanyekan tidak pada nikah usia dini, seks pranikah dan NAPSA.

Grand Final Apresiasi Duta Genre pada Sabtu (18/6) dihadiri Kadis PPKB Kota Manado Ir. Meisje Wollah, MSi, Sekretaris Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Utara (Lady. D.Ante,SPd.MAP), serta dr.Jeanny Y Winokan,MAP (Koordinator Bidang KS/PK), DR.Praysi Sibi,MSi (HIMPSI Sulut), Astrid Kumentas,S.Sos (Ikatan Nyong Noni Sulut), Bennedict Narande,SH (Duta Mahasiswa Genre Tahun 2013) sebagai juri.


Duta Genre Sulawesi Utara

Juara I: Surya Erlangga dan Tirza Lolowang (Manado)
Juara II: Vickers Sumakud (Minut) dan Kanaya Tupang (Kotamobagu)
Juara III: Nabil Makalalag (Kotamobagu) dan Andi Putri Guraysa (Boltim)

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024