Minahasa Tenggara (ANTARA) - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Minahasa Tenggara, Djein Leonora Rende mengatakan peran orang tua sangat penting bagi perkembangan anak.
"Dalam peringatan hari anak ini, saya mengajak para orang tua agar lebih mempunyai peran dalam perkembangan dan pembentukan karakter anak, yang dipersiapkan jadi generasi penerus cita-cita bangsa," kata Rende di Ratahan.
Menurut ibunda tercinta dari Sasa dan Peter ini, telah menjadi kewajiban orang tua untuk menjaga, melindungi, dan mendidik anak, untuk mempersiapkan mereka menjadi generasi yang baik ke depan.
"Peran orang tua harus sangat maksimal, sehingga anak-anak kita kedepannya dapat menjadi generasi emas baik dalam keluarga maupun bangsa dan negara," ujarnya
Selain itu katanya, peran orang tua juga sangat penting membentuk karakter anak bangsa yang kreatif, inovatif, dan berakhlak baik, serta cinta tanah air.
“Keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat. Keluarga juga merupakan lingkungan awal bagi anak mendapat pendidikan sehingga peran orang tua dalam pembentukan karakter anak sangat penting,” ungkapnya.
Dia menambahkan juga pendidikan anak sebagai generasi penerus bangsa harus menjadi perhatian bersama.
Seperti menyikapi sistem belajar dalam tatanan normal baru, di mana penggunaan sistem daring menjadi solusi dalam giat belajar saat ini, maka selain orang tua, guru juga harus proaktif mengawasi perkembangan anak didiknya.
“Kalau di tempat lain sistem belajar saat ini mungkin tidak memiliki banyak kendala. Tapi kalau di Mitra, apalagi di desa terpencil yang signal internet tidak bagus, peran guru dibutuhkan,” ujar Sekretaris Komisi Dua DPRD Provinsi Sulut.
Menjaga kualitas pendidikan anak maka guru harus bisa menghadirkan solusi lain, di antaranya dengan memantau langsung pendidikan siswanya di rumah.
“Jadi selain pendampingan orang tua, peran guru memantau jalannya giat belajar anak sangat penting. Guru harus proaktif untuk memantau langsung perkembangan anak didik karena mereka merupakan tulang punggung bangsa ke depan,” tandasnya.***

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024