Manado (ANTARA) - Kepala Satuan Kerja PJN Wilayah Satu, Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XV Manado, Julia Luntungan ST MSi optimis serapan anggaran hingga akhir tahun bisa mencapai 100 persen.

"Total anggaran yang terkontrak sebesar Rp308,38 miliar, sementara serapannya mencapai 65,69 persen," sebut Julia di Manado, Senin.

Selanjutnya, untuk realisasi fisik yang telah dikerjakan PJN I hingga saat ini telah mencapai sebesar 80,89 persen.

Ia optimis beberapa paket proyek yang akan memasuki penarikan sertifikat dapat mempercepat pencapaian realisasi fisik dan anggaran.

"Sama seperti tahun sebelumnya (2018), kami optimis baik realisasi fisik maupun keuangan dapat terserap sebesar 100 persen hingga akhir Desember nanti," ujarnya.

Julia menjelaskan, beberapa paket proyek yang dibiayai PJN Wilayah I yaitu penambahan lajur sepanjang 500 meter di lokasi "Manado Outer Ring Road) I senilai Rp9 miliar lebih.

Selanjutnya, pelebaran jalan menuju standar akses KEK pariwisata Likupang sepanjang 6,6 kilometer.

Pengerjaan infrastrktur lainnya yaitu pelebaran jalan paket preservasi Girian (Bitung-Likupang) yang termasuk dalam paket preservasi dengan nilai terkontrak sekitar Rp63 miliar.

Selanjutnya, paket yang baru dikontrak Oktober lalu yaitu jalan Pontak-Kalait-Lobu sepanjang tiga kilometer yang berada di jalan provinsi menggunakan APBN senilai Rp19,9 miliar.

"Terkait dengan pelebaran jalan itu mencakup penambahan lajur dan pelebaran jalan menuju standar dari lebar sebelumnya 4,5 meter menjadi 6-7 meter. Penambahan lajur, misalkan sebelumnya dari dua lajur menjadi empat lajur," jelas Julia.***1***
 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan

Copyright © ANTARA 2024