Manado (ANTARA) - DPRD Kota Manado berharap, pelaksanaan agenda tahunan wisata yang digelar oleh pemerintah, baik kota, provinsi maupun RI, bisa  mendatangkan banyak wisatawan mancanegara terutama dari Eropa ke Kota Manado. 

"Selama ini wisatawan yang datang ke Kota Manado, dan Sulawesi Utara pada umumnya, rata-rata berasal dari China dan dari Eropa serta Amerika masih bisa dihitung dengan jari, karena itu pelaksanaan berbagai agenda wisata tahunan kami harapkan akan memberi dampak positif bagi peningkatan wisatawan Eropa ke daerah kita," kata wakil ketua I, DPRD Kota Manado, dr. Richard Sualang, di Manado. 

Dia mengatakan, banyaknya wisatawan dari Cina yang masuk ke Kota Manado, dan menyebar ke seluruh  Sulawesi Utara pada umumnya, merupakan inisiatif dan hasil kerja keras dari Gubernur Sulawesi Utara, Olly dondokambey dan Steven Kandouw, dan Manado yang paling banyak menerima manfaatnya. 

Karena itu dia mengatakan dengan berbagai gelaran acara wisata tahunan bertaraf internasional diharapkan bisa menggaet wisatawan mancanegara terutama dari Eropa dan Amerika lebih banyak datang ke Manado. 

"Kami sudah melihat berbagai upaya yang dilakukan oleh pemerintah kota, untuk mempromosikan Kota Manado ke Mancanegara terutama di Eropa,  seperti yang dilakukan oleh wakil wali kota Mor Bastiaan, saat berkunjung ke Itali pada bulan Juni lalu" kata Icad sapaan akrabnya. 

Dia mengatakan, saat itu wawali umur Bastian mempromosikan berbagai agenda wisata tahunan yang akan dan sementara digelar di Kota Manado, serta berbagai destinasi wisata di ibukota provinsi Sulawesi Utara itu. 

Karena itu sebagai wakil ketua, di lembaga perwakilan rakyat dia menyampaikan harapan besar kiranya agenda wisata yang ditetapkan oleh pemerintah, dan masuk di kalender pariwisata nasional agar menarik banyak kunjungan wisatawan ke daerah ini. 

Menurut Richard, pihaknya sangat berharap agar agenda wisata tahunan itu menarik wisatawan Eropa dan Amerika ke Manado, sebab yang akan merasakan dampak positifnya adalah masyarakat sendiri, karena bisa meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024