Kepulauan Sangihe, (Antaranews Sulut) - Menteri Keuangan Sri Mulyani sangat terkesan dan kagum terhadap keindahan serta kebersihan lingkungan di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara.

"Saya sangat kagum melihat keindahan serta kebersihan lingkungan yang ada di Sangihe ini," kata Sri Mulyani di Tahuna, Jumat.

Menteri Keuangan mengawali sambutan pada acara uji coba jaringan 'Palapa Ring Tengah' di Tahuna, Sangihe, Jumat siang mengaku sangat terkesan dan sangat menikmati perjalanan dari Bandara Naha ke Tahuna karena disuguhi pemandangan yang indah dengan jalan mulus dan bersih serta lingkungan perkampungan yang asri dan terawat.

Untuk itu Sri Mulyani sangat mengapresiasi kerja keras Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana selama ini dalam membangun daerah.

"Saya sangat mengapresiasi kerja keras pak Bupati dalam membangun Kabupaten Kepulauan Sangihe," kata dia.

Menteri mengatakan, setelah mengunjungi beberapa daerah seperti Papua, Maluku sampai ke Saumlaki dan kali ini ke Sangihe, ia berniat akan mengkaji kembaii bobot formula dana transfer bagi daerah kepulauan seperti Sangihe.

"Sebagai pembantu Presiden para menteri harus mencari dan menciptakan terobosan untuk menyukseskan program Nawacita pemerintahan Jokowi-JK terutama di bidang ekonomi," kata dia.

Untuk itu, agar tidak membebani APBN, apalagi berutang guna membiayai pembangunan, pihaknya menyediakan fasilitas pembiayaan dengan jaminan dari PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia.

"Fasilitas ini dapat dimanfaatkan oleh daerah yang ingin membangun infrastruktur namun dana APBD-nya terbatas," jelas Sri Mulyani.

Dia berharap, Kabupaten Kepulauan Sangihe dapat memanfaatkan fasilitas pembiayaan dengan jaminan tersebut untuk membangun infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat.

"Kami berharap Kabupaten Kepulauan Sangihe dapat memanfaatkan pembiayaan dengan jaminan yang disiapkan untuk pembangunan infrastruktur," kata Menkeu.***4***

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024