Manado, (Antaranews Sulut) - Dinas Pendidikan Kota Manado, menyatakan PPDB untuk sekolah negeri setempat semuanya gratis, jadi tidak perlu ada surat keterangan tidak mampu (SKTM).

"PPDB sampai kegiatan belajar mengajar di sekolah negeri di daerah ini gratis, karena itu adalah visi dan misi wali kota dan wakil wali kota, yakni Manado Cerdas, jadi tak ada biaya sama sekali," kata Kepala Disdik Manado, Deasy Lumowa, melalui Ketua Panitia PPDB Disdik Kota Manado, Drs. Yongke Mogontha, MPd, MSi di Manado. 

Dia mengatakan, Wali Kota Manado, Vicky Lumentut, sudah menegaskan bahwa pendidikan untuk sekolah negeri gratis, maka mulai dari pendaftaran sampai KBM juga demikian.

"Masyarakat yang datang mendaftar ke sekolah negeri tidak perlu membawa SKTM, karena semuanya gratis, kecuali kalau ke sekolah swasta lain lagi, karena kewenangan ada di yayasan sebagai pengelola," katanya. 

Menurut Mogontha, untuk memastikan tidak ada pungutan liar (Pungli) dalam PPDB, pihaknya pun melakukan pengawasan ketat dan terus memantau pelaksanaanya, apalagi bisa diikuti oleh Disdik melalui operator yang melaksanakanya.

"Jadi jika ada keanehan atau penyimpangan dalam PPDB akan langsung diketahui dan pasti akan diberikan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku," katanya.?

Dia menegaskan, sesuai dengan ketentuan aturan, sanksi bagi yang kedapatan melakukan Pungli dalam PPDB diberikan secara berjenjang sehingga ada efek jera dan tidak ada lagi yang berani melakukannya.

Menurutnya, termasuk buku seragam dan lainnya, adalah urusan orang tua untuk mengadakannya, tidak ada keharusan untuk membeli di satu tempat yang direkomendasikan atau pun koperasi sekolah.

Asalkan katanya, seragam serta buku termasuk sepatu mengikuti ketentuan peraturan sekolah, bukannya mengatur sendiri.

Apalagi menurutnya, Manado baru saja menerima WTP, artinya pelayanan maupun pemanfaatan anggaran baik, maka sebagai jajaran dan aparat pemerintahan, mendukung dengan mempertahankan semua yang positif. (KR-JHB).

(T.KR-JHB/B/Y003/C/Y003) 12-07-2018 23:10:29

Pewarta : Joyce Hestyawatie B

Copyright © ANTARA 2024