Minahasa, 28/3 (Antara) - Ketua Anak Sekolah Minggu Jemaat Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) Paulus Wasian Kakas Sicylia Tumiwang mengatakan makna telur Paskah adalah menegaskan Kebangkitan Yesus Kristus.

"Sebagaimana Kristus bangkit dari kematian dan keluar dari kuburan (berbentuk bundar), begitupun dari dalam telur muncul anak ayam yang hidup. Media telur Paskah untuk memberitakan kebangkitan Yesus Kristus," kata Sicylia Tumiwang di Kakas, Senin.

Tumiwang mengatakan setiap perayaan Paskah kedua anak sekolah minggu selalu melakukan kegiatan mencari telur Paskah yang selalu mengingatkan kepada anak-anak makna kehidupan baru.

Makna telur Paskah selanjutnya adalah adanya kehidupan baru. Kehidupan baru ini ditandai dengan menanggalkan manusia lama keinginan daging dan mengenakan manusia baru hidup oleh Roh dan berbuah Roh.

"Bagi para leluhur kita yang belum mengenal ajaran Kristiani, sungguh merupakan peristiwa yang menakjubkan menyaksikan suatu makhluk hidup yang baru muncul dari suatu obyek yang tampaknya mati," katanya.

Kehidupan baru ini mengingatkan umat Kristen untuk hidup dalam kasih Tuhan dan menghasilkan buah-buah Roh dalam kehidupan ini.

Telur paskah bermakna pengorbanan ceria berdasarkan keceriaan Tuhan berkorban demi kebahagiaan umat manusia. Pengorbanan ceria ini dipraktekkan para orangtua ketika merelakan telur ayam diberikan kepada anak-anak sebagai hadiah Paskah.

Pendeta Pelayanan GMIM Paulus Wasian Lolita Huwae mengatakan pengorbanan ceria ini tentu tidak hanya berlangsung pada masa Paskah.

"Umat Kristen Modern terpanggil menjadikan pengorbanan ceria bukan dgn terpaksa/sungut, sebagai karakter diri setiap hari," katanya.

Manfaatkan setiap kebaikan Tuhan Yesus yang melewati jalan sengsara mau berkorban demi umat manusia.

Hidup adalan anugerah Allah semua berasal dari Dia, berarti tidak ada pemisah antara umat dengan Allah.

Oleh sebab itu, katanya, Paulus menerimaa berita pendamaian dari Allah. Yesus yang tidak mengenal dosa telah dibuat menjadi dosa dan orang percaya dibenarkan oleh Allah.
"Kita telah diubah menjadi ciptaan yang baru sehinga jadilah contoh dan teladan bagi sesama," jelasnya.***4***
(T.KR-NCY/B/G004/G004) 28-03-2016 15:37:17

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024