Manado, (Antarasulut) - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Manado, Sulawesi Utara, mencetak surat suara baru dengan tiga gambar calon wali kota dan wakil wali kota peserta Pilkada.

"Kami mulai mencetak surat suara lagi, Ahad kemarin di Makassar dan akan dikirimkan ke Manado besok," kata Ketua Pelaksana Tugas KPUD Manado, Jusuf Wowor, di Manado, Senin.

Wowor mengatakan, surat suara yang dicetak baru tersebut berisikan tiga gambar calon yakni pasangan nomor urut satu, tiga dan empat tanpa nomor dua yang dinyatakan tidak memenuhi syarat.

"Jadi yang kami cetak baru memuat foto pasangan Harley Mangindaan-Jemmy, Vicky Lumentut-Mor Bastian dan Hanny Joost Pajouw-Tonny Rawung," kata Wowor.

Dia mengatakan surat suara yang dicetak tersebut dicetak sebanyak jumlah pemilih dalam DPT ditambah 2,5 persen dari total jumlah pemilih yang ada di Manado.

Sedangkan anggaran pencetakannya, kata Wowor, masih menggunakan dana dari hibah induk APBD 2015, dan hampir sama dengan biaya pencetakan sebelumnya sekitar Rp500 juta.

Mengenai surat suara yang sudah berisikan empat pasangan calon, yang telah diterima KPUD Manado, untuk sementara diamankan tidak boleh disentuh.

"Kami sudah menerimanya sejak akhir pekan lalu, dan telah dibuat berita acara, namun belum dibuka dan kami amankan," katanya.

Mengenai tindakan apa yang akan diambil terhadap surat suara tersebut, Wowor mengatakan pihaknya akan menanyakan kepada atasannya yakni KPU provinsi dan RI, sehingga tiNdakannya nanti jelas.

Dia mengatakan belum menerima instruksi apakah akan dimusnahkan atau diamankan sebab itupun merupakan dokumen negara yang harus diperlakukan khusus. ***2***



(T.KR-JHB/B/G004/G004) 30-11-2015 17:46:07

Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024