Manado (ANTARA) - Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Roycke Harry Langie, mengatakan, personel TNI-Polri kompak dalam pengamanan Pilkada serentak 2024, di daerah tersebut.

“Tadi pelaksanaan latihan pengendalian massa (Dalmas) bersama, sudah terlihat kekompakan. Jadi secara teknis, saya pastikan sudah ada kolaborasi dengan Pak Pangdam, dan secara umum wilayah Sulut dalam hal keamanan ini kondusif, dan kita akan pertahankan sampai nanti pada saat Pilkada serentak,” kata Kapolda didampingi Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya, usai menyaksikan langsung latihan pengendalian Dalmas tersebut, di Manado, Selasa.

Kapolda mengatakan pihaknya menyiapkan kurang lebih 5.000 sampai 6.000 personel pengamanan Pilkada, berkolaborasi dengan Kodam XIII/Merdeka.

“Kita berkolaborasi dengan Kodam XIII/Merdeka karena juga Kodam punya lapis-lapis kemampuan, dan tentunya ini dilihat dengan eskalasi,” kata Kapolda.

Terkait netralitas personel Polri dalam Pilkada Serentak 2024, Kapolda menegaskan, telah memerintahkan ke seluruh jajaran untuk tetap menjunjung tinggi netralitas.

“Karena secara undang-undang, TNI dan Polri itu tidak mempunyai hak pilih. Jadi kita netral, tidak ada kata lain,” kata Kapolda.

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya mengatakan, pihaknya juga telah melakukan upaya dalam rangka pendinginan suasana menjelang Pilkada.

“Kita melakukan pendinginan berupa imbauan, Pilkada itu dilakukan dengan damai. Jadi dengan persiapan-persiapan, kita yakin bahwa Pilkada ini bisa dilaksanakan dengan kondusif,” kata Pangdam.

Ia mengatakan TNI-Polri pun sudah melaksanakan kerja sama untuk menciptakan situasi yang kondusif terutama menjelang Pilkada.

“Kita sudah kerja sama dengan baik. Sudah patroli bersama, baik di tingkat Koramil dan Polsek maupun Kodim dan Polres. Termasuk kegiatan latihan Dalmas ini, tentunya kita ingin supaya satu komando, satu perintah yang sama, pelaksanaannya kita mengerti untuk melakukan yang sama dalam tugas-tugas pengamanan,” pungkas Pangdam.

Latihan bersama Dalmas personel Polda Sulut dan Kodam XIII/Merdeka dalam rangka pengamanan Pilkada tersebut dilaksanakan di Lapangan Presisi Mapolda Sulut disaksikan Kapolda Sulut Irjen Pol Roycke Harry Langie, Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya, Wakapolda Brigjen Pol Bahagia Dachi, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Martin Susilo Turnip beserta para pejabat utama Polda Sulut dan Kodam XIII/Merdeka.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024