Manado (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) H Sarbin Sehe terus meningkatkan kualitas pelayanan di Kantor Urusan Agama (KUA) se-Kota Bitung, Selasa.

"Untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan, kami melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap Kantor Urusan Agama (KUA) se-Kota Bitung," kata Sarbin.

Dia mengatakan ada lima KUA yang disidak, yaitu KUA Kecamatan Madidir, KUA Kecamatan Maesa, KUA Kecamatan Girian, KUA Kecamatan Aertembaga, dan KUA Kecamatan Matuari.

Sebagai hasil dalam sidak tersebut Kakanwil meminta sejumlah perbaikan untuk citra Kemenag yang lebih baik, di antaranya perbaikan kualitas layanan keagamaan. Tidak hanya fokus pada pengurusan dan pencatatan nikah.

Kakanwil meminta segala aspek tata kelola layanan keagamaan untuk diperhatikan, termasuk tata kelola kemasjidan, penerangan agama, pembinaan syariah, zakat, wakaf, dan hisab rakyat.

Peningkatan kedisiplinan kepala KUA dan seluruh staf, Kakanwil mengimbau agar memperhatikan jam kerja kantor, baik jam masuk dan jam pulang.

Kemudian, peningkatan tugas dan fungsi, terutama pada aspek layanan hendaknya diimplementasikan ke dalam langkah-langkah yang nyata, yaitu, memastikan tidak terjadi penyelewengan setoran PNBP. Hal ini dikarenakan masih adanya temuan petugas yang menyetor uang nikah, bukan catin sendiri.

Giat melakukan silaturahmi dengan tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat, salah satunya dapat dilakukan dengan Safari Jumat untuk membangun komunikasi serta menjaga persatuan dan kesatuan utamanya pasca Pemilu, agar masyarakat Sulut tetap rukun, aman dan damai.

Aktivitas kepala KUA dan penghulu agar dipublikasikan melalui sosial media, memaksimalkan tugas Penghulu dalam melaksanakan pengawasan akad nikah.

Optimalisasi pengamanan aset wakaf dan percepatan sertifikat tanah wakaf.

Kakanwil berharap hal tersebut dapat menjadi perhatian seluruh KUA dan meminta agar langkah-langkah perbaikan layanan KUA segera diimplementasikan.

"KUA adalah pintu depan Kemenag, sehingga orang akan melihat Kementerian Agama itu bagus dengan melihat KUA Kecamatan. Mari kita membangun sinergitas dan lakukan langkah perbaikan," ucapnya.

Kakanwil didampingi Kabid Bimas Islam H Rikson Hasanati dan Kepala Kemenag Kota Bitung H Yahya Wahidin Pasiak.*

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024