Manado (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut), Sulawesi Utara, bersama ritel modern melakukan kurasi  usaha mikro kecil menengah (UMKM) guna membantu promosikan produk.

"Untuk kerja sama ini cukup bagus, karena dapat mengembangkan UMKM," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Utara Novly Wowiling, di Manado, Senin.

Dia mengatakan apalagi gerai ritel modern di Sulut cukup banyak, sehingga dirasa mampu mempromosikan produk pelaku UMKM di daerah.

Kerja sama Pemkab Minahasa Utara dan perusahaan ritel modern dalam hal ini

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk merupakan peluang potensial untuk mengembangkan usaha UMKM untuk pemasaran.

Oleh karena itu, katanya, kurasi UMKM yang telah dilakukan Alfamart sangat bagus, karena bisa menjadi pengetahuan baru bagi UMKM untuk bisa masuk ke pasar Alfamart.

"Pemerintah Minahasa Utara memberikan perhatian penuh untuk kemajuan UMKM," jelasnya.

Hal ini dilakukan agar produk yang dihasilkan mampu bersaing dengan daerah lain.

Kepala Dinas Perdagangan Minahasa Utara Maximilian Tapada mengatakan, Kurasi produk UMKM yang dilakukan diharapkan menjadi jalan bagi pengembangan produk yang dihasilkan oleh pelaku usaha dengan pasar yang lebih luas lagi.

Regional Coorporate Communication Manager Alfamart Budi Santoso mengatakan, kehadiran Alfamart diharapkan bisa memberikan sumbangsih kepada produk UMKM Minahasa Utara dalam hal membantu pemasarannya.

Namun tentu saja melalui standarisasi yang telah ditentukan.

“Jadi, produk yang dipasarkan memang memenuhi syarat yang diperlukan,” katanya.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024