Kabupaten Gorontalo (ANTARA) - Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya dan istrinya, Fima Agustina, pada Sabtu disambut dengan prosesi adat Mopotilolo saat tiba di Bandar Udara Djalaluddin, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Sebelum melaksanakan tugas sebagai penjabat gubernur, Ismail yang baru tiba dari Jakarta mengikuti prosesi adat Mopotilolo, proses adat untuk menandai bahwa dia telah memperoleh restu dari masyarakat dan bisa bertugas di Gorontalo.

Para pemangku adat U Duluwo Limo Lo Pohalaa, dewan adat dari lima negeri adat Gorontalo, melaksanakan prosesi adat tersebut dengan iringan tabuhan genderang adat dan tari Longgo, tarian perang Gorontalo.
 
Prosesi itu dimulai dengan penyerahan persembahan adat berupa minuman dan makanan tradisional, lalu dilanjutkan dengan pengucapan petuah adat.
 
Pembacaan doa untuk memohon keselamatan dan kesehatan selama Ismail dan istrinya bertugas di Gorontalo mengakhiri pelaksanaan prosesi adat Mopotilolo.
 
Para pejabat pemerintah daerah dan pemimpin organisasi perangkat daerah menyaksikan pelaksanaan prosesi adat tersebut.
 
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian melantik Ismail Pakaya menjadi Penjabat Gubernur Gorontalo di Jakarta, Jumat (12/5).
 
Selain mengikuti proses adat Mopotilolo, Ismail dijadwalkan menjalani prosesi adat Moloopu di rumah dinas gubernur pada Ahad (14/5).

 

Pewarta : Adiwinata Solihin
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024