Manado, 18/6 (AntaraSulut) - PT Bank Sulut (BS) menyiapkan kredit dengan jaminan yang fleksibel kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dan Gorontalo.

"Skim ini diberi nama Kredit Usaha Mikro Kecil Sejahtera yang diberikan untuk mempermudah pelaku usaha mendapatkan pinjaman di Bank Sulut," kata Staf Ahli Perkreditan Bank Sulut Dicky Kolanus, di Manado, Rabu.

Skim kredit ini, katanya, selain memudahkan pelaku usaha juga tanpa jaminan tambahan.

"Apa saja yang bisa dijaminkan pelaku usaha, akan kami pertimbangkan agar mendapatkan pinjaman," jelas Dicky.

Jaminannya, kata Dicky, bisa dalam bentuk barang seperti kulkas, sofa, televisi dan lain sebagainya. Jadi sangat fleksibel dan tidak memberatkan UMKM.

Pinjaman dengan jaminan fleksibel dari Rp5 juta hingga Rp25 juta per UMKM dan di atas Rp25 juta akan ada syarat dan ketentuan tertentu, namun tetap mendapatkan kemudahan.

UMKM yang bisa mendapatkan skim kredit tersebut yakni telah memiliki usaha minimal satu tahun.

Saat ini ada 15 pegawai yang sementara dilatih agar mampu mendapatkan debitur yang baik sehingga pengembalian pinjamannya tepat waktu.

"Para pegawai tersebut telah dilepas di 14 kantor penyalur kredit PT Bank Sulut yang tersebar di Sulut dan Gorontalo," katanya.

Untuk tahap awal, pihaknya menargetkan jumlah debitur yang akan diperoleh tenaga analis selama dua tahun pertama sebanyak 180-200 debitur setiap petugasnya.

Penyaluran kredit PT Bank Sulut tercatat mengalami pertumbuhan 21,24 persen, setelah posisi akhir tahun 2013 ini mencatat angka penyaluran Rp5,65 triliun, padahal posisi sama tahun lalu baru sebesar Rp4,66 triliun.***2***




Pewarta :
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024