Manado (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengimbau kepada semua kepala desa dan. kelurahan  agar mengajak warga untuk berkebun dalam upaya menjaga ketahanan pangan daerah.

"Saya harap semua lapisan masyarakat mulai menggarap pekarangan baik sawah maupun perkebunan, untuk menanam tanaman pangan," kata Gubernur Olly, di Manado, Jumat.

Dia mengatakan saat ini, situasi dan kondisi ekonomi global memprihatinkan, terjadi ancaman krisis sehingga langkah antisipasi ke depan harus segera dilakukan.

"Tapi syukur Sulut  saat ini masih aman akan ketersediaan pangan," katanya.

Sulut masih aman dari krisis pangan, katanya, karena selama ini masih mengandalkan sektor pertanian. Tetapi tetap harus waspada dan lakukan langkah antisipasi. 

Karena itu, katanya, para kepala desa yang baru dilantik ini diharapkan untuk terus mengajak masyarakat desa agar terus mengolah lahan pertanian dan perkebunan. 

"Ajak masyarakat desa, mari jo bakobong,(mari berkebun)," kata gubernur kebanggaan masyarakat Sulut ini. 

Kadisperindag Sulut Daniel Mewengkang mengatakan stok bahan pangan di Sulut saat ini masih mampu memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Masyarakat tidak perlu khawatir, saat ini stok pangan cukup, namun program Gubernur Sulut untuk berkebun harus kita lakukan, demi menjaga ketahanan pangan di daerah ini," jelasnya.


 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024