Manado (ANTARA) - RS Cantia Tompaso Baru mendukung program Pemerintah Daerah (Pemda) Minahasa Selatan, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dalam memfasilitasi pembuatan akta kelahiran dan kematian untuk diserahkan langsung ke pasien.

"Hal ini akan lebih hemat waktu, efisien efektif, bersih akuntabel  dan transparan sesuai dengan Program Jempol Hebat di Kabupaten Minahasa Selatan," kata Direktur RS Cantia Tompaso Baru dr James Komaling, di Manado, Rabu.

Dia mengatakan keluarga pasien bisa memanfaatkan layanan pembuatan akta kelahiran secara cepat dan tanpa biaya.

Harus diakui, katanya, jarak RS Cantia Tompaso Baru yang cukup jauh dari pusat kota kabupaten, sehingga dengan program ini akan memberikan keringanan pada keluarga pasien.

Kurang lebih 1 jam, katanya, waktu yang dibutuhkan untuk pergi ke pusat kabupaten yang merupakan administrasi di Minahasa Selatan. 

Menyadari akan hal itu, RS Cantia Tompasobaru menyambut baik dan melakukan langkah cepat untuk bekerja sama dalam membantu masyarakat Minahasa Selatan  khususnya bagi yang melahirkan dan secara otomatis harus membuat akta kelahiran serta mengganti kartu keluarganya.

"Berkat kerja sama dengan Dinas DukCapil Minahasa Selatan, saat ini akte kelahiran dan Kartu Keluarga bisa langsung terbit dalam waktu yang singkat. 

Ini merupakan langkah maju yang luar biasa oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan," jelasnya.

Koordinator Program Jempol di RS Cantia Tompaso Baru Dr Bela Sual mengatakan bahwa ini adalah program yang memang menyentuh masyarakat karena berhubungan dengan pengurusan Akta dan KK yang biasa digunakan di semua aspek kehidupan, terutama bantuan sosial dan kemanusiaan. 

"Kami akan terus mensosialisasikan program ini, agar bisa diketahui semua masyarakat, dan bisa memanfaatkan fasilitas RS Cantia Tompaso jika mengalami kelemahan tubuh dan sebagainya," jelasnya.


 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024