Sangihe, Sulut (ANTARA) - Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Rinny Tamuntuan mengingatkan kepada semua perangkat daerah agar mobil dinas jangan dipakai untuk kepentingan pribadi  tapi untuk pelayanan.

"Kendaraan dinas harus digunakan untuk kepentingan pelayanan kepada masyarakat. Jangan digunakan untuk kepentingan pribadi," kata Rinny Tamuntuan di Tahuna, Senin.

Menurut Penjabat Bupati saat menyerahkan lima unit kendaraan roda empat kepada Puskesmas dan rumah sakit, bahwa mobil ambulans diberikan oleh pemerintah untuk kepentingan pelayanan kepada masyarakat.

"Silakan mobil ambulans ini dipergunakan dengan sebaik-baiknya untuk pelayanan kesehatan bagi masyarakat, jangan dipergunakan untuk kegiatan pribadi atau keluarga," kata Rinny Tamuntuan.

Kepala Dinas Kesehatan Daerah Kabupaten Sangihe Handry Pasandaran mengatakan, lima unit mobil ambulans ini diperuntukkan untuk empat Puskesmas dan rumah sakit umum daerah Liun Kendage Tahuna. 

Pengadaan Lima Unit Mobil ambulans ini terdiri dari, empat dialokasikan dari Dana Alokasi Khusus Bidang Kesehatan dan satu unit berasal dari dana Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) RSUD Liun Kendage Tahuna . 

" Pengadaan fasilitas ini sebagai pengganti mobil ambulans yang sudah rusak sehingga perlu pengadaan yang baru," katanya.

Menurut dia, mobil operasional atau ambulans di Puskesmas sangat besar manfaatnya sebab selain untuk mengantar orang sakit, juga digunakan untuk kebutuhan pelayanan kesehatan sampai di kampung dan kelurahan.

"Kalau ambulans rumah sakit hanya untuk transportasi pelayanan pasien,  sedangkan untuk mobil ambulans di Puskesmas selain pelayanan pasien juga digunakan oleh petugas kesehatan dalam melayani masyarakat di kampung dan kelurahan," kata Handry.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024