Manado (ANTARA) - Momentum pelaksanaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) di Kota Manado, Sulawesi Utara, ada dua anak yang dibantu melalui program 'Bapak Asuh Anak Stunting' (BAAS).

Para pihak seperti Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Utara, dan mitra kerja TNI, Dinas Kesehatan Kota Manado dan Bulog Sulut-Go berkomitmen menurunkan angka stunting di provinsi berpenduduk lebih 2,6 juta jiwa ini. 

Dua anak stunting penerima kunjungan 'Gerebek BAAS' yaitu Mohamad Wais Darondo (Kelurahan  Mahawu Lingkungan II) dan Maulida  Akuba (Kelurahan Mahawu Lingkungan III).

Dalam kunjungan lapangan tersebut telah diserahkan bantuan sembako dan makanan tambahan bagi anak stunting serta vitamin.

"Hal ini merupakan bagian kepedulian kita kepada  masyarakat khususnya di Kota Manado. Harapannya dengan kegiatan ini akan meningkatkan kepedulian kita  kepada saudara-saudara kita yang  mempunyai anak-anak berdampak stunting," ujar Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Muhklis. 

Dia berharap program pemerintah terus disosialisasikan melalui para penyuluh.

Sampai saat ini secara nasional angka stunting memang mengalami  penurunan tapi ke depan bukan sekedar penurunan tapi bisa  menekan minimal angka stunting ini.

"Kuncinya selalu membudayakan pola hidup sehat, perlu pendampingan memanfaatkan fasilitas pemerintah yang ada," katanya.

Pemerintah sudah berusaha untuk  melakukan berbagai langkah agar bisa meningkatkan kesejahteraan  masyarakat dan salah satunya dengan kegiatan 'Gerebek Stunting'.

Dia mengajak, semoga kegiatan ini tidak sebatas seremonial saja tapi  kegiatan ini adalah  betul betul langkah kongkrit ke depan.

"Kami dari TNI AD-POLRI siap  mendampingi BKKBN agar masyarakat  memahami tentang pola hidup sehat, keluarga yang sehat," ujarnya. Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Muhklis menyerahkan bantuan bagi balita stunting saat momentum Harganas di Sulut. ANTARA/HO-BKKBN (1)  
Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Utara yang diwakili oleh Sekretaris, Lady D Ante, mengatakan bahwa suatu kebanggaan bagi Perwakilan BKKBN Provinsi Sulut ketika masyarakat merespon kegiatan ini. 

"Pemerintah dan para pihak melaksanakan kunjungan ke rumah anak dampak stunting yang  dilaksanakan dalam rangka   peringatan Hari Keluarga Nasional ke-29 Tahun 2022. Ini adalah salah satu bentuk kontribusi nyata dari BKKBN bekerjasama dengan TNI melaksanakan kunjungan nyata ke masyarakat yang punya balita berdampak stunting," katanya.

Dia berharap kegiatan ini dapat berlangsung secara kontinyu  sehingga apa yang dilaksanakan ini berdampak langsung menurunkan angka balita stunting di daerah provinsi sulawesi utara.  

"Mewakili Kaper BKKBN Provinsi Sulawesi Utara memberikan  apresiasi kepada bapak KASAD yang boleh menjadi Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS)," katanya.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024