Manado (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara Provinsi Sulawesi Utara menargetkan daerah itu bebas penyakit malaria pada tahun 2030.

"Kami berkomitmen untuk mewujudkan masyarakat bebas malaria tahun 2030," kata
Bupati Minahasa Utara Joune Ganda di Manado, Jumat.

Joune mengatakan eliminasi malaria  dilakukan secara bertahap dan akan dicapai pada tahun 2030 dengan melibatkan seluruh jajaran lintas sektor pemerintah bersama seluruh lapisan masyarakat, termasuk organisasi profesi, organisasi kemasyarakatan, kalangan swasta dan dunia usaha.

Pemberantasan dan penanganan penyakit malaria oleh Pemkab Minahasa Utara menuai apresiasi pemerintah pusat.
Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin memberikan penghargaan berupa sertifikat Eliminasi Malaria kepada pemerintah daerah yang diterima langsung Bupati Joune Ganda di Gedung Prof DR Sujudi Kemenkes RI, Jakarta Selatan.

Saat menerima penghargaan, Bupati Joune ikut menyatakan empat komitmen untuk mewujudkan masyarakat bebas malaria.

Pertama, menggerakkan seluruh pemangku kepentingan untuk mempertahankan eliminasi malaria di Kabupaten yang merupakan wilayah kerjanya.

Kedua, menggerakkan seluruh masyarakat dalam mencegah munculnya kasus baru malaria, mencegah terjadinya kematian karena malaria melalui beberapa kiat yaitu penguatan komitmen pemangku kepentingan untuk mempertahankan daerah bebas malaria, penguatan surveilans, penguatan jejaring tatalaksana untuk menjamin kemampuan mendiagnosis malaria secara dini dan mengobati dengan tepat.

Selanjutnya penguatan kemandirian masyarakat dan penguatan jejaring kemitraan.

Ketiga, menjamin tersedianya tenaga terlatih, sarana, prasarana dan anggaran, agar setiap orang di kabupaten yang menjadi wilayah kerja mampu menjangkau layanan kesehatan yang ada, guna mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan malaria serta dicatat dan dilaporkan secara lengkap dan cermat.

Keempat, mengkoordinasikan semua upaya yang diperlukan secara menyeluruh, terpadu, serentak dan berkesinambungan di kabupaten wilayah kerja, demi mendukung tercapainya eliminasi malaria nasional tahun 2030.

“Marilah kita bekerja sama dan mendukung atas komitmen pemerintah daerah rangka menekan dan membasmi malaria,” ajak Joune.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024