Manado (ANTARA) - Personel komisi III DPRD Manado, dari PSI, Jurani Rurubua, SST, mendesak pemerintah kota (Pemkot) Manado, melaksanakan perintah Presiden RI Joko Widodo, soal lelang proyek, yang  harus dimulai Januari atau awal tahun. 

"Ini adalah penegasan Presiden Joko Widodo sendiri, saat rapat dengan seluruh kepala daerah mulai dari Gubernur, Bupati dan Wali Kota, maka harus dilaksanakan dengan benar," kata Sis Rani, sapaan akrab legislator Dapil  Singkil-Mapanget, di Manado.

Dia mengatakan, sesuai dengan penegasan Presiden, kalau lelang terutama konstruksi dimulai Januari atau awal tahun anggaran, maka fisik pekerjaan yang dihasilkan juga bagus, tidak asal-asalan.

Sebab itu, dia mengingatkan agar Pemkot Manado dalam hal ini seluruh perangkat daerah harus melakukannya dengan segera, di LPSE, pada 2020 nanti, tanpa harus menunda-nunda lagi, supaya ada bukti kesungguhan pemerintah daerah  melaksanakan instruksi presiden. 

"Presiden mengatakan, jika dilelang Januari, mulai dilaksanakan Maret, maka paling lambat Agustus sampai September selesai, dan bisa dilihat bagaimana hasilnya karena tidak kejar-kejaran waktunya, dan semuanya terlaksana dengan baik," katanya. 

Sebab itu sebagai wakil rakyat, dalam fungsi pengawasannya, Sis Rani mengingatkan jangan sampai hal itu diabaikan, agar tidak ada.pelanggaran hukum dan lainnya. 

Selain itu, kata Rani yang paling penting, jika lelang dilaksanakan sejak Januari atau awal tahun anggaran, maka perekonomian juga akan berkembang, karena uang juga akan ikut berputar dengan cepat.  

Di sisi lain, Sis Rani minta supaya masyarakat juga ikut mengawal dan mengawasi terlaksananya semua program pemerintah, sehingga tidak akan ada penyelewenangan serta masalah hukum nantinya. ***  

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024