Tomohon (ANTARA) - Wali Kota Tomohon, Sulawesi Utara Jimmy F Eman mengatakan, pemerintah daerah menetapkan lima program prioritas pada 2020.

"Sasaran dan prioritas pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2020 adalah peningkatan kapasitas sumber daya manusia dan infrastruktur untuk pertumbuhan yang berdaya saing," katanya di Tomohon, Minggu.

Ia mengatakan melalui sasaran tersebut ditetapkan lima prioritas daerah yaitu peningkatan kualitas sumber daya manusia, pertumbuhan ekonomi, daya saing dan investasi, sosial budaya dan pariwisata, pengembangan infrastruktur dan pemanfaatan sumber daya alam.

"Untuk mencapai target kinerja lima prioritas pembangunan itu diperlukan kondisi yang kondusif yang terkait pembangunan politik, hukum, pertahanan dan keamanan," ujarnya.

Jimmy menambahkan RKPD tahun 2020 dalam penyusunannya berpedoman pada arah kebijakan dan strategi pembangunan yang digariskan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019.

RKPD ini juga merupakan penjabaran dari pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Sulut dan Kota Tomohon tahun 2016-2021 sesuai dengan tema rencana kerja pemerintah tahun 2020 yaitu pembangunan sumber daya manusia untuk pembangunan berkualitas.

Karena itu, lanjut politisi Partai Golkar Tomohon itu, telah dipilih lima prioritas pembangunan nasional yaitu pembangunan manusia dan pengentasan kemiskinan, serta penguatan konektivitas dan pemerataan.

Selanjutnya, kata dia, peningkatan nilai tambah ekonomi dan kesempatan kerja, pemantapan ketahanan pangan, air, energi dan pelestarian lingkungan hidup serta stabilitas pertahanan dan keamanan.

Prioritas pembangunan yang tertuang dalam RKPD Kota Tomohon merupakan hasil sinkronisasi prioritas pembangunan nasional dan Provinsi Sulut, katanya.

"Pola pendekatan pembangunan yang holistik, tematik, terintegrasi dan spasial menjadi dasar pembangunan kota," ujarnya.
 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024