Manado (ANTARA) - Ketua DPRD Kota Manado Noortje Henny Van Bone, mengatakan tingginya jumlah angkatan kerja di Manado menunjukkan masyarakat usia produktif juga tinggi dan merupakan hal yang positif. 

"Data dari dinas tenaga kerja kota menunjukkan angkatan kerja di daerah kita mencapai angka sekitar 197 ribu  dan yang sudah bekerja mencapai  177 ribu, itu adalah tren yang baik," kata Van Bone dalam pesan elektronik dari Italia, kepada antaranews di Manado. 

Ibu Nor sapaan akrabnya mengatakan perbandingan angkatan kerja dengan yang sudah bekerja yang berselisih sedikit menunjukkan tingginya serapan tenaga kerja di Kota Manado. 

Sebab itu Srikandi Partai Demokrat itu mengapresiasi berbagai inovasi positif yang dilakukan Dinas tenaga kerja Manado untuk meningkatkan SDM masyarakat agar bisa bekerja sesuai keahliannya masing-masing. 

Dka pun mengatakan sebagai wakil rakyat akan ikut mengajak masyarakat untuk semakin meningkatkan kemampuan pribadi dalam hal ini keterampilan dan mentalitas supaya bisa terserap di pasar pasar tenaga kerja di Manado yang pada akhirnya akan mengurangi bahkan menghilangkan angka pengangguran.  Kadia Naker Manado, Donald Supit, SH, (Jo) (1)
Sementara kepala dinas tenaga kerja Kota Manado Donald supit SH MH mengatakan memang jumlah angkatan kerja secara real berdasarkan data dari BPS adalah sebanyak 197.749 orang  di mana yang sudah bekerja mencapai 177.225 orang. 

Jumlah angkatan kerja, kata Supit, menunjukkan usia produktif di daerah kita ini cukup tinggi dan yang sudah bekerja pun bisa dikatakan banyak sebab mencapai lebih dari 70 persen angkatan kerja. 

"Tetapi tentu saja pemerintah akan terus melakukan berbagai inovasi, untuk mendorong masyarakat agar bisa meningkatkan kemampuan yakni skill atau keterampilan dan mental sehingga bisa bersaing mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian" katanya. 

Supit juga menegaskan untuk meningkatkan SDM masyarakat terutama yang berusia produktif Dinas tenaga kerja sedang melengkapi pusat pelatihan tenaga kerja sehingga bisa menjaring masyarakat usia produktif agar terasah kemampuan SDM sehingga bisa bersaing dan mendapatkan pekerjaan seperti yang diinginkan dan sesuai dengan keterampilan. 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024