Manado (ANTARA) - Wali Kota Manado, Vicky Lumentut, mengatakan, tidak mengejar target kelulusan siswa SMP sampai 100 persen, karena yang penting adalah kualitas dari para siswa yang lulus.

"Selama ini memang setiap kali pelaksanaan ujian kelulusan baik SD maupun SMP, saya selalu mengingatkan, lembaga pendidikan dan siswa agar jangan hanya mengejar kelulusan saja," kata Lumentut, usai paripurna di kantor DPRD Manado, di Manado, Senin.

Sebab menurutnya, dia selalu mengingatkan sekolah agar mengutamakan kualitas siswa, yakni nilai yang baik dalam kelulusan, sehingga nantinya bisa meneruskan ke jenjang yang lebih tinggi mana saja,

Dia mengatakan, jika hanya mengejar terget kelulusan 100 persen, maka akan membuat para siswa maupun sekolah mengabaikan hal-hal lainnya supaya bisa mencapai kelulusan 100 persen, sehingga secara tidak langsung akan mengajarkan siswa berlaku tidak baik.

"Jika memang kelulusan baik sampai 100, itu baik dan akan sangat baik jika lulus 100 persen dan nilainya tinggi," katanya. Wakil ketua I DPRD manado, dr. Richard Sualang, (jo) (1)

Sementara Wakil Ketua I DPRD Manado, Richard Sualang, mengatakan, memang prestasi kelulusan itu terlihat pada angka, namun bukan besarnya prosentase kelulusan, tetapi nilai baik dari para siswa.

"Akan sangat baik kalau kedua-duanya, baik nilai maupun prosentasenya semuanya baik, itu yang patut diapresiasi, tetapi memang nilai baik itulah yang sangat diharapkan," katanya.

Di sisi lain, Ichad mengatakan, pihaknya juga minta agar kemampuan daya tampung SMA sederajat menjadi perhatian, jangan sampai banyak sekolah malah kekurangan siswa karena jumlah siswa yang lulus sedikit. 

Dia pun mengingatkan agar prestasi terus ditingkatkan sebab di masa depan persaingan juga makin ketat maka kelulusan dengan nilai baik juga menjadi salah satu keharusan. ***

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024