Manado (ANTARA) - Pansus DPRD Manado, menyatakan pemeriksaan lapangan terhadap proyek fisik, yang dilakukan, adalah sesuai antara laporan dan yang dikerjakan. 

"Kami melakukan pemeriksaan langsung di lapangan terhadap proyek fisik Dinas Pemuda dan Olahraga yang berlokasi di Winangun, untuk memastikan apakah sesuai spek atau tidak," kata Ketua Pansus LKPJ 2018 DPRD Manado, Anita de Blouwe, di Manado, Rabu. 

Dia mengatakan, berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan, tim pansus menemukan ada lapangan bulu tangkis, juga satu tiang  basket, serta berbagai perlengkapan olahraga.  Ketua pansus LKPJ 2018 DPRD Manado, Anita de Blouwe (jo) . (1)
Namun dia menambahkan pihaknya masih akan mempertanyakan, dan memeriksa lapangan sejumlah pekerjaan fisik yang dilaksanakan oleh dinas PU Manado, apakah sesuai ataukah tidak. 

"Termasuk juga pekerjaan fisik perangkat daerah lain yang dilaksanakan oleh PU, jika memang ada yang kurang atau tak terlaksana dengan baik, maka kami akan mempertanyakan kepada instansi yang bersangkutan apa penyebabnya," katanya. 

Nantinya, kata de Blouwe, jawaban dari perangkat daerah atau semua temuan ketidaksesuaian akan menjadi catatan yang akan direkomendasikan kepada pemerintah. 

"Juga apakah proyek tersebut bisa terus dilanjutkan dan anggarannya ditambah nantinya dalam perubahan APBD 2019 ini ataukah tidak," katanya. Pemeriksaan lapangan yang dilakukan oleh tim Pansus dipimpin Anita de Blouwe, di Winangun Jambore. (1)  

Tetapi dia mengatakan, kalau temuan untuk ke ranah pidana belum sampai ke situ, karena pihaknya maupun pemerintah harus memastikan dulu penyebab tidak terlaksananya pekerjaan tersebut, apakah ada unsur kesengajaan atau ketidakmampuan permanen dari pihak ketiga. 

Dia mengatakan,  pemeriksaan langsung di lapangan masih akan dilakukan kemudian pihaknya akan memparipurnakan hasil pembahasan serta memberikan rekomendasi kepada pemerintah kota. ***

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024